Jumat 27 Aug 2021 15:15 WIB

Berkah Vaksinasi Bagi Penjual Air Kelapa Muda

Apa pun makan dan minumnya vaksin itu sangat perlu

Rep: Febrian Fachri/Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Subarkah
 Penjual kelapa muda di Banda Aceh. (Iustrasi)
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Penjual kelapa muda di Banda Aceh. (Iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG  -- Ada fenomena menarik di tengah masyarakat soal vaksinasi. Beredar informasi kalau setelah vaksinasi disarankan minum air kelapa, guna menghilangkan efek setelah divaksin.

Walau kebenaran informasi ini belum terkonfirmasi secara ilmiah, setidaknya membawa berkah bagi penjual kelapa muda.

Berkah rezeki salahsatunya adaah kepada penjual kelapa muda di Kota Padang Panjang, Rudi (45). Dia mengatakan terjadi peningkatan pembeli kelapa muda saat pelaksanaan vaksinasi ini.

"Omzet saya naik ketika pelaksanaan vaksinasi. Banyak orang yang akan divaksin dan sesudah divaksin membeli kelapa muda. Katanya dianjurkan meminum air kelapa muda,” kata Rudi, Jumat (27/8).

Rudi diketahui berjualan di seberang Komplek Pertokoan Garuda, Pasar Pusat, Padang Panjang. Ia sudah 12 tahun berjualan kelapa muda. Pasokan kelapa muda, diperoleh Rudi langsung dari distributor kelapa muda yang mengantarkannya ke rumahnya. Sesekali warga Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur ini juga survei ke kebun kelapa muda di Pariaman dengan menggunakan mobil.

Air kelapa muda, dijual bapak empat anak ini seharga Rp 8.000. Bisa diminum di tempat dan bisa pula dibungkus bawa pulang, tergantung keinginan pembeli.

Studi: Vaksin Buat Tubuh Miliki Lebih Banyak Antibodi

Adanya berkah itu tak jelas terkonfirmasi apa khasitanya kepada orang yang di vasin. Namun yang jelas menurut penelitian di Amerika Serikat vaksin AS sangat efektif karena memicu respons imun untuk menghasilkan antibodi, yang dapat melindungi dari virus corona.

Tentu saja, setiap vaksin dibuat secara berbeda, artinya masing-masing dapat memiliki efek yang berbeda pada tubuh, bekerja secara berbeda terhadap varian baru, dan menawarkan tingkat perlindungan yang berbeda dari waktu ke waktu.

Sebuah studi baru telah menemukan bahwa satu vaksin dapat menghasilkan lebih banyak antibodi daripada yang lain. Temuan itu berasal dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada 16 Agustus di JAMA Internal Medicine, yang menganalisis respons vaksin pada 954 petugas kesehatan dari Johns Hopkins Health System.

Hasilnya  ditemukan bahwa mereka yang menerima vaksin Moderna mRNA mengembangkan lebih banyak antibodi IgG lonjakan dibandingkan mereka yang menerima vaksin Pfizer pada 14 hari atau lebih, setelah dosis kedua mereka.

Para penulis juga menemukan bahwa di atas respons antibodi yang kuat, peserta yang menerima vaksin Moderna secara signifikan lebih mungkin melaporkan gejala secara klinis, yang didefinisikan penulis penelitian sebagai kelelahan, demam, dan kedinginan.

Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun hanya 43 persen yang melaporkan gejala setelah dosis kedua. Mereka yang menerima Moderna itu 83 persen lebih mungkin melaporkan gejala yang signifikan secara klinis setelah dosis pertama daripada penerima Pfizer.

Penulis penelitian menyimpulkan bahwa mungkin ada korelasi antara peningkatan kemungkinan gejala dan peningkatan antibodi yang terlihat pada penerima vaksin Moderna. Namun, mereka memperingatkan bahwa pulih dari Covid-19 dapat memengaruhi hasil dan menyebabkan beberapa orang khawatir bahwa suntikan vaksin mungkin tidak mempengaruhi sistem kekebalan mereka.

Penelitian itu menulis bahwa vaksin dapat menimbulkan reaksi lokal dan sistemik lebih besar pada orang dengan infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya. Apakah gejala setelah vaksinasi terkait dengan efektivitas tidak diketahui, kecemasan dapat muncul pada orang yang tidak mengembangkan reaksi setelah vaksinasi.

Terlepas dari itu, penulis penelitian menyimpulkan vaksin Moderna lebih mungkin menghasilkan respons imun yang lebih kuat dan lebih banyak antibodi. “Pengukuran antibodi IgG lonjakan lebih tinggi pada petugas kesehatan yang menerima vaksin Moderna, memiliki infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya, dan melaporkan reaksi yang signifikan secara klinis,” tulis penulis penelitian dilansir Best life, Jumat (27/8).

Namun, peran tingkat antibodi yang lebih tinggi dalam mencegah Covid-19 dan memberikan kekebalan yang bertahan lama masih belum diketahui. Secara keseluruhan, temuan menunjukkan bahwa terlepas dari reaksi vaksin atau infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya, vaksin mRNA lonjakan akan memberikan antibodi lonjakan yang kuat.

Penelitian terbaru lainnya telah mulai memberi para ilmuwan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana antibodi dapat membantu menentukan seberapa terlindungi seseorang dari virus corona baru. Selama konferensi pers yang diadakan pada 18 Agustus, kepala penasihat White House COVID, Anthony Fauci mengutip sebuah penelitian yang dirilis pada server pracetak pada 10 Agustus. Dia menjelaskan bahwa para peneliti sedang mencari korelasi kekebalan dalam aliran darah orang yang divaksinasi dan menemukan protein spesifik yang dapat menetralkan virus.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa tingkat antibodi yang lebih tinggi pada pasien menandakan kemanjuran vaksin yang lebih tinggi. Temuan itu menggarisbawahi argumen Fauci bahwa masyarakat umum akan membutuhkan suntikan booster untuk meningkatkan tingkat antibodi untuk melindungi terhadap varian yang sangat menular seperti Delta. 

Jadi yang penting apa pun makan dan minumannya, pastikan anda telah divaksin!

https://bestlifeonline.com/news-moderna-antibodies/

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement