Jumat 27 Aug 2021 10:56 WIB

BP Jamsostek Sosialisasikan Manfaat Program Secara Masif

Sosialisasi manfaat program dilakukan BP Jamsostek secara masif.

BPJamsostek sosialisasikan manfaat program secara masif.
Foto: Dok Republika
BPJamsostek sosialisasikan manfaat program secara masif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk memastikan seluruh masyarakat pekerja di wilayah Jakarta Pusat terlindungi program jaminan sosial, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kantor Cabang Jakarta Gambir kembali lakukan sosialisasi masif. Sosialisasi ini dilakukan secara virtual mengingat pentingnya menjaga protokol kesehatan terutama di wilayah yang masih terdampak pandemi.

Pada kesempatan kali ini BPJAMSOSTEK bersama dengan Kecamatan Sawah Besar melakukan sosialisasi terkait manfaat program BPJAMSOSTEK kepada perangkat RT RW di Kelurahan Mangga Dua Selatan. Hal ini dilakukan mengingat masih banyaknya peserta yang belum mengetahui manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan sekaligus menghimbau kepada perangkat RT RW untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat pekerja di wilayahnya.

Baca Juga

Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Jakarta Gambir Chairul Arianto mengatakan, ke depannya sosialisasi ini akan rutin diberikan kepada perangkat RT/RW bersama Camat dan Lurah di Wilayah Jakarta Pusat. "Tujuannya agar masyarakat dapat paham betul akan manfaat dari program BP Jamsostek terutama pada program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi perangkat RW dan RT," kata Chairul.

Sementara, Camat Sawah Besar Prasetyo Kurniawan menyampaikan pihaknya akan selalu mendukung apa yang dilakukan oleh BP Jamsostek Jakarta Gambir. Terutama, kegiatan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja di wilayahnya.

Agata Bayu Putra selaku Lurah Mangga Dua selatan berterimakasih atas sosialisasi yang telah diberikan. Dia menilai program BPJS Ketenagakerjaan ini tentunya program yang sangat baik.

"Selain karena iurannya yang cenderung murah /ringan, beberapa warga kami di wilayah Mangga Dua Selatan khususnya RW 08 beberapa sudah menerima manfaatnya juga, hal ini tentunya dapat diikuti warga-warga RW lain juga yang belum sepenuhnya terdaftar. Mengingat risiko dari perangkat yang sangat besar, karenanya jam kerja yang fleksibel dan mobilitas tinggi juga, tentunya program BPJS Ketenagakerjaan sangat berguna sebagai proteksi dari risiko sosial yang memungkinkan terjadi," katanya.

Chairul juga menghimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar program BP Jamsostek untuk segera mendaftarkannya. Ini mengingat manfaat yang diberikan sangat besar namun dengan iuran yang kecil.

BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menyampaikan informasi bahwa selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah DKI Jakarta, peserta tetap dapat mengajukan klaim JHT secara online dengan mengakses website www.lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id dan juga dapat menerima layanan informasi melalui Call Center 175 terkait program BP Jamsostek dan prosedur Lapak Asik. Layanan tanpa kontak fisik atau yang biasa disebut Lapak Asik merupakan inovasi BP Jamsostek untuk menyesuaikan kondisi pandemi saat ini dan sebagai wujud dukungan atas kebijakan pemerintah dalam program PPKM Darurat sebagai salah satu protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement