Jumat 27 Aug 2021 08:48 WIB

Gejala Covid-19 Varian Delta yang Paling Mengkhawatirkan

Terus patuhi protokol kesehatan Covid-19.

Rep: Desy Susilawati/ Shelbi Asrianti/ Red: Muhammad Subarkah
Seorang santri berjalan keluar ruangan usai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021). Sebanyak 12 ribu santri Lirboyo berusia 12 tahun ke atas telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, sedangkan sisanya sebanyak 21 ribu santri ditargetkan selesai divaksin pada bulan September mendatang.
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Seorang santri berjalan keluar ruangan usai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021). Sebanyak 12 ribu santri Lirboyo berusia 12 tahun ke atas telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, sedangkan sisanya sebanyak 21 ribu santri ditargetkan selesai divaksin pada bulan September mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli sepakat bahwa varian delta jauh lebih menular dariipada iterasi virus corona sebelumnya. Gejala dari delta mungkin sedikit berbeda, sementara juri masih keluar pada apakah hal itu menyebabkan penyakit yang lebih parah. 

Tapi yang jelas Covid masih berpotensi serius atau fatal. Ini adalah gejala delta yang paling mengkhawatirkan dokter seperti dilansir dari laman Eat This, Not That, Jumat (27/8).

Kesulitan pernapasan atau nyeri dada

Gejala Covid 19 dapat bervariasi, dan sebagian besar tidak serius. Namun, beberapa gejala memerlukan perhatian medis segera. "Segera cari bantuan jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau nyeri dada," kata Dr. Gwen Murphy, Ph.D., MPH, direktur epidemiologi untuk Let'sGetChecked.

Tidak Ada Gejala

Sejak awal pandemi, salah satu aspek Covid 19 yang paling membuat frustrasi bagi petugas kesehatan adalah dapat disebarkan oleh orang yang tidak memiliki gejala. Delta dapat ditularkan oleh orang yang divaksinasi yang mungkin bahkan tidak tahu bahwa mereka terinfeksi. 

 "Orang yang divaksinasi menularkannya, dan sejauh mana tidak jelas, tapi tidak diragukan lagi mereka menularkannya," kata Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis Presiden Biden.

 Menurutnya orang yang divaksinasi, bahkan ketika mereka tidak menunjukkan gejala, dapat menularkan virus. Inilah sebabnya mengapa CDC merevisi panduan maskernya untuk merekomendasikan agar semua orang memakai masker di dalam ruangan di tempat umum. 

Baca juga : Perbedaan Lima Jenis Vaksin di Indonesia, Mana yang Aman?

Kebingungan atau ketidakmampuan untuk bangun

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, selain kesulitan bernapas atau nyeri dada, jika Anda atau seseorang yang Anda kenal dengan Covid mengalami kebingungan baru atau ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, Anda harus segera mencari perawatan medis darurat. Gejala-gejala tersebut mungkin mengindikasikan bahwa Covid telah menyebabkan peradangan di otak.

Gejala jangka panjang

"Virus SARS-CoV-2 dapat menyerang berbagai bagian tubuh kita, dan sayangnya beberapa infeksi menyebabkan penyakit jangka panjang yang dikenal sebagai Covid panjang," kata Murphy. 

Untuk orang-orang ini, gejalanya dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan dapat mempengaruhi sebagian besar, jika tidak semua, sistem tubuh, termasuk fungsi jantung, paru-paru, ginjal, kulit, dan otak. 

"Covid panjang adalah alasan lain bagi kita semua untuk divaksinasi dan untuk mendorong teman dan keluarga kita melakukan hal yang sama."

Tidak semua orang bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19, baik karena usia maupun kondisi medis. Studi terkini menyebutkan risiko yang mengintai mereka yang belum menerima vaksin.

Semenara itu, penelitian digagas oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan orang yang tidak divaksin 29 kali lebih berisiko dirawat di rumah sakit jika terinfeksi Covid-19.

Temuan CDC juga mengungkap seseorang berisiko lima kali lebih mungkin tertular Covid-19 jika belum divaksin. Kedua risiko itu jika dibandingkan dengan pasien lain yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh.

Baca juga : Jokowi Optimistis Ekonomi Indonesia akan Membaik

Hasil itu diterbitkan di jurnal akademis Morbidity and Mortality Weekly Report dari CDC. Studi meninjau data 43.127 kasus di Los Angeles County sepanjang periode 1 Mei hingga 25 Juli 2021.

"Data ini mengingatkan bahwa jika Anda belum divaksinasi, Anda termasuk di antara mereka yang paling berisiko," kata Direktur CDC Rochelle Walensky dalam pengarahan di Gedung Putih, Selasa (24/8).

Selama periode studi, persentase orang dewasa yang divaksinasi lengkap di LA County melonjak dari 27 persen menjadi 51 persen. Pada Senin (23/8), Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah memberikan persetujuan penuh untuk vaksin Pfizer-BioNTech.

Pemerintah AS berharap itu akan mendorong masyarakat yang masih skeptis tentang keamanan vaksin akhirnya bersedia mendapatkan suntikan. Pada Selasa (24/8), 61 persen warga AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Sebanyak 52 persen warga AS sudah divaksinasi penuh. Sementara, jumlah kasus, angka kematian, dan rawat inap akibat Covid-19 terus meningkat kembali ke tingkat bulan-bulan awal pandemi karena varian delta.

Dalam pengarahannya, Walensky mengingatkan bahwa orang yang sudah divaksin sebagian maupun penuh masih mungkin tertular Covid-19. Akan tetapi, kemungkinannya lebih rendah daripada orang yang belum divaksin.

Kondisi setelah terinfeksi pun terpantau jauh lebih ringan. Dengan persetujuan pemerintah terhadap vaksin dan pengarahan Walensky, CDC sendiri tidak mengharuskan karyawannya untuk divaksinasi.

Baca juga : Wiku: Gunakan Aplikasi daripada Cetak Sertifikat Vaksin

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement