Jumat 27 Aug 2021 06:45 WIB

Bima Arya Jelaskan Alasan PAN Gabung Pemerintah

PAN bergabung dengan pemerintah.

Rep: Shabrina Zakariya/ Red: Muhammad Hafil
Bima Arya Jelaskan Alasan PAN Gabung Pemerintah. Foto: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto usai menyampaikan hasil survey online terkait persepsi masyarakat Kota Bogor terhadap pandemi Covid-19 di Balai Kota Bogor, Ahad (15/8).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Bima Arya Jelaskan Alasan PAN Gabung Pemerintah. Foto: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto usai menyampaikan hasil survey online terkait persepsi masyarakat Kota Bogor terhadap pandemi Covid-19 di Balai Kota Bogor, Ahad (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang juga merupakan kader dari Partai Amanat Nasional (PAN), menjelaskan topik pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo, bersama elite parpol koalisi di Istana Merdeka Jakarta. Ada dua topik pembicaraan yakni penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Pertemuan kemarin adalah awal, bersamaan PAN dengan koalisi pemerintahan secara resmi dan kemarin agenda pembicaraan difokuskan program-program terkait pandemi. Jadi mengkoalisikan bersama terkait pandemi dan fokus pada pemulihan ekonomi,” kata Bima Arya di Kota Bogor, Kamis (26/8).

Baca Juga

Dia mengaku, belum mendapat informasi lain, termasuk ke arah pembicaraan politik. Dia memastikan, pertemuan tersebut hanya membahas terkait dua topik tersebut.

Sepengetahuannya, baik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, maupun Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno diundang bersama-sama membicarakan hal itu. “Isi pembahasan, pertama terkait update Covid, ke-dua terkait pemulihan ekonomi. Saya tidak mendapatkan informasi selain hal itu termasuk politik, tapi lebih pada konsolidasi pandemi dan pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Bima Arya menilai, konsolidasi tersebut memang sejalan dengan PAN. Dimana, partainya tengah berkomsentrasi untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, termasuk juga pemulihan sektor ekonomi.

Wali Kota dua periode menuturkan, berkoalisinya PAN dengan pemerihtah selaras dengan keinginan Ketua Umum, Ketua Dewan Kehormatan Hatta Rajasa, Sutrino Bahir dan seluruh kader dan simpatisan partai.

“Dan memang itulah yang jadi konsen dari PAN. Kemarin selaras dengan instruksi Ketua Umum, Ketua DPP, Ketua Dewan Kehormatan, Bang Hatta, Sutrisno Bahir seluruh energi PAN difokuskan kepada usaha pemerintah mengatasi covid dan pemulihan ekonomi yang sekarang sangat dirasakan rakyat,” pungkasnya.

Sebelumnya, PAN secara resmi bergabung dengan partai politik (parpol) koalisi pendukung Presiden Joko Widodo. Kehadiran PAN disambut baik oleh para pimpinan partai koalisi.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan pertemuan dengan pimpinan partai koalisi merupakan inisiatif Jokowi.

“Yang mengundang adalah Bapak Presiden, dan semua pimpinan partai koalisi menyambut baik kehadiran PAN melalui kehadiran ketua umum dan sekjen PAN,” kata Plate di rumah dinasnya, Jakarta, Rabu (25/8).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement