Kamis 26 Aug 2021 23:23 WIB

Martinez Sebut De Bruyne tak akan Merumput Lawan Arsenal

Gelandang City Kevin De Bruyne menderita cedera engkel sehingga absen lawan Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Kevin De Bruyne dari Manchester City.
Foto: EPA-EFE/Laurence Griffiths
Kevin De Bruyne dari Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, terpaksa tidak menyertakan Kevin De Bruyne saat Belgia melakoni tiga laga lanjutan penyisihan Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, awal bulan depan. Gelandang serang Manchester City masih harus menepi lantaran mengalami cedera engkel. 

Martinez pun mengungkapkan, De Bruyne juga bakal absen saat the Citizens menjamu Arsenal pada laga pekan ketiga Liga Primer Inggris, Sabtu (28/8) malam WIB. Sempat tampil sebagai pemain saat City dibungkam Spurs, 0-1, pada laga perdana Liga Primer Inggris, De Bruyne absen kala the Citizens mencukur Norwich City, 5-0, akhir pekan lalu. Gelandang berusia 30 tahun itu diketahui sempat mengalami masalah di engkelnya pada penghujung laga kontra Spurs. 

Baca Juga

"Dia belum bisa merumput. Seperti yang Anda tahu, dia sempat tampil di laga menghadapi Spurs. Namun, setelah laga tersebut, dia masih merasakan rasa sakit di bagian engkelnya," tutur Martinez seperti dilansir The Athletic, Kamis (26/8). 

Mantan pelatih Wigan Athletic itu pun mengungkapkan, telah berkoordinasi dengan Man City terkait proses pemulihan pemain terbaik City pada musim 2019/2020 tersebut. Sebagai langkah antisipasi, De Bruyne dipastikan tidak akan merumput pada laga kontra Arsenal. 

"Saat ini, dia tengah mengambil rute berbeda dibanding pemain lain. Dia tidak akan merumput di laga akhir pekan ini. Ide besarnya adalah kami akan akan melihat bagaimana kondisi dan cedera yang dialaminya. Pada saat ini, dia tidak berada dalam kondisi 100 persen fit," kata pelatih asal Spanyol tersebut. 

Terkait kesiapan Belgia dalam menghadapi lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Martinez menegaskan, enggan merombak timnya secara besar-besaran kendati sebagian besar pemain telah menginjak usia 30 tahun. Menurutnya, meski harus puas mengakhiri Euro 2020 di babak perempat final, Belgia masih menunjukan kemampuan untuk bisa bersaing di level tertinggi. 

"Banyak catatan positif dari penampilan kami di Euro. Kami bisa meraih empat kemenangan dan tampil cukup konsisten. Untuk melakukan perubahan dalam tubuh tim harus disertai alasan yang kuat. Anda dapat melihat kesalahan dengan hanya melihat rataan umur pemain dalam sebuah tim," kata eks pelatih Everton itu. 

Selain mencoret De Bruyne, Martinez juga tidak menyertakan Nacer Chadli, Dries Mertens, dan Jeremy Doku dalam daftar 24 pemain timnas Belgia. Pada tiga laga berikutnya, Belgia akan menghadapi Estonia, kemudian Ceko, dan terakhir Belarusia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement