Jumat 27 Aug 2021 03:13 WIB

Intip Koleksi Museum Seni Turki dan Islam

Di Museum Seni Turki dan Islam terdapat koleksi langka dunia Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
 Museum of Turkish and Islamic Art, Turki.
Foto: NET
Museum of Turkish and Islamic Art, Turki.

IHRAM.CO.ID,  ISTANBUL -- Sultanahmet Square adalah salah satu tempat paling populer di Istanbul. Di satu sisi, siapapun akan melihat Masjid Agung Hagia Sophia, salah satu kuil paling terkenal dalam sejarah, dan di sisi lain, Masjid Biru dengan ubinnya yang unik.

Sedikit lebih jauh berdiri Istana Topkap dengan koleksinya yang tak ternilai, kemudian Tiang Ular dari zaman Kaisar Bizantium Konstantinus Agung, dan tentu saja Obelisk Theodosius, dengan sejarahnya yang membentang dari Mesir hingga Roma.

Baca Juga

photo
Muslim Turki berbuka puasa di Sultanahmet Square di Istanbul, Turki. - (Reuters)

Namun, ada harta lain yang tetap tersembunyi di antara semua sejarah yang luar biasa ini, yaitu Museum Seni Turki dan Islam. Terletak tepat di belakang Masjid Biru dan menampung ribuan artefak dari sejarah Islam, museum ini memiliki sejarah sangat menarik. Ini juga merupakan kisah perampasan arkeologis imperialisme di Timur Tengah.

Kekaisaran Ottoman, yang didirikan di atas warisan budaya yang kaya di tiga benua, menjadi tuan rumah berbagai penggalian oleh para arkeolog asing, tetapi juga menjadi sasaran banyak penjarahan arkeologis.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement