Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Vaksinasi Ibu Hamil Dilakukan Serentak di Kota Sukabumi

Kamis 26 Aug 2021 17:19 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Suasana vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Tipar Kota Sukabumi, Kamis (26/8)

Suasana vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Tipar Kota Sukabumi, Kamis (26/8)

Foto: riga nurul iman
Sasaran untuk bumil mencapai sekitar 1.500 orang yang divaksin secara bertahap.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil (bumil) di Kota Sukabumi mulai serentak dilakukan pada Kamis (26/8). Di mana sasaran untuk bumil mencapai sekitar 1.500 orang yang divaksin secara bertahap.

'' Mulai hari ini vaksinasi untuk ibu hamil mulai digelar dengan jenis vaksin Sinovac,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Kamis. Di mana bumil yang bisa divaksin dengan umur kehamilan 14 minggu hingga 33 minggu yang dilayani di setiap puskesmas.

Sasaran bumil ini ungkap Lulis, sekitar 1.500 orang yang akan secara bertahap divaksin. Harapannya semua ibu hamil bisa divaksin dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Lulis, layanan vaksinasi untuk ibu hamil mendapatkan layanan khusus. Di mana ibu hamil mendapatkan prioritas agar segera mendapatkan vaksinasi di setiap lokasi vaksin.

Salah satu lokasi vaksinasi bumil adalah di Puskesmas Tipar Kecamatan Citamiang. '' Mulai hari ini 26 Agustus 2021 puskesmas mulai melayani vaksinasi ibu hamil dengan jenis vaksin Sinovac,'' ujar Kepala Puskesmas Tipar Eri Kurniawati.

Bumil yang divaksin di wilayahnya diutamakan bagi warga yang tinggal di dua Kelurahan yakni Tipar dan Cikondang. Dari data yang ada di dua kelurahan itu terdapat sebanyak 54 orang bumil yang akan divaksin.

Namun lanjut Eri, jumlah ini akan bertambah karena masih pendataan ibu hamil yang terus dilakukan. Rencananya vaksinasi bumil akan dilakukan hingga 3 September 2021 nanti.'' Bumil yang divaksin usia kehamilan 14 minggu hingga 33 minggu,'' kata Eri. Ia mengatakan vaksin untuk bumil aman dan mendapatkan prioritas dalam pelaksanaanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA