Kamis 26 Aug 2021 13:04 WIB

BRT Transjateng Bakal Layani Rute Semarang-Grobogan

Pembukaan rute Semarang-Grobogan sebagai wujud pengembangan angkutan aglomerasi.

Armada Bus Rapid Transit (BRT) Transjateng bakal melayani rute Semarang-Grobogan (Terminal Penggaron-Terminal Gubug) pada Oktober 2021. (Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) meluncurkan BRT Transjateng, dokumentasi)
Foto: antara/Aditya Pradana Putra
Armada Bus Rapid Transit (BRT) Transjateng bakal melayani rute Semarang-Grobogan (Terminal Penggaron-Terminal Gubug) pada Oktober 2021. (Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) meluncurkan BRT Transjateng, dokumentasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Armada Bus Rapid Transit (BRT) Transjateng bakal melayani rute Semarang-Grobogan (Terminal Penggaron-Terminal Gubug) pada Oktober 2021. Pembukaan rute ini sebagai wujud pengembangan angkutan aglomerasi yang menghubungkan satu wilayah dengan lainnya, sekaligus mengurangi kemacetan.

"Saat ini, berbagai persiapan tengah berproses, mulai dari pembangunan halte, pembuatan bus, rekrutmen pegawai hingga penyiapan terminal," kata Kepala Balai Transjateng Joko Setiawan melalui Kepala Seksi Operasional Transjateng Lambang Kurniawan di Semarang, Kamis (26/8).

Baca Juga

Ia mengungkapkan pada rute tersebut akan dilayani 14 armada bus sehingga persiapannya terus dilakukan, baik dengan pemenang tender maupun kerja sama dengan Dishub Grobogan. Saat ini, lanjut dia, pembuatan bus sedang dikerjakan oleh pemenang tender, sedangkan perekrutan pegawai juga sedang berlangsung secara daring karena pandemi COVID-19.

Selain itu penyiapan 63 titik naik turun penumpang secara keseluruhan dalam rute tersebut juga dikerjakan. "Terkait penyiapan Terminal Gubug, hal menjadi tanggung jawab dari Dinas Perhubungan Grobogan. Adapun, rute Transjateng Semarang-Gubug akan melalui terminal Penggaron (Kota Semarang) ke Gubug lalu ke Godong," ujarnya.

Fungsionalisasi fasilitas dasar BRT Transjateng rute Semarang-Grobogan ditarget pada akhir September 2021, sedangkan peluncuran direncanakan pada Oktober 2021. 

Mengenai potensi penumpang, Lambang menyebut BRT Transjateng rute Semarang-Gubug terdapat sejumlah pabrik, tempat wisata, sekolah, perkantoran dan pasar.

Dengan adanya Transjateng rute Semarang-Godong diharapkan memudahkan masyarakat yang akan pergi ke Juwangi atau ke Demak karena ada titik integrasi dengan angkutan umum lainnya di Terminal Godong "Potensi penumpang terdiri dari pekerja pabrik (buruh), pelajar, pedagang pasar dan lainnya. Harapan kami bisa menggaet masyarakat yang awalnya menggunakan kendaraan pribadi beralih menggunakan layanan Transjateng, apalagi tarifnya bersaing cukup Rp2.000 untuk buruh, pelajar dan veteran, dan masyarakat umum Rp4.000," katanya.

Dengan tarif yang murah, diharapkan masyarakat dapat menghemat biaya transportasi sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya. Sebagai informasi, layanan BRT Transjateng diluncurkan pertama kali oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 2017 dan kini ada lima rute pelayanan.

Adapun, kelima rute yang telah melayani itu adalah Semarang-Bawen, Semarang-Kendal, Purwokerto-Purbalingga, Kutoarjo-Borobudur, Surakarta-Sangiran-Sumberlawang.

Penambahan rute Semarang-Grobogan akan menjadi rute ke enam dan akan terus dikembangkan layanan Transjateng yang aman, nyaman, teratur, tepat waktu dan tarif serta murah berdasarkan skema wilayah aglomerasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement