Kamis 26 Aug 2021 12:42 WIB

Waspadai Serangan Jantung tanpa Gejala

Meski tak menunjukkan gejala, tapi cedera yang ditimbulkan nyata dan berisiko tinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Serangan jantung (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Serangan jantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memikirkan serangan jantung, Anda mungkin membayangkan peristiwa yang cukup dramatis seperti seseorang yang mengalami nyeri dada yang hebat, mencengkeram lengan mereka, dan jatuh ke tanah tak sadarkan diri.

Dalam kehidupan nyata saat ini, serangan jantung biasanya tidak terlalu ekstrem. Beberapa bahkan tidak menunjukkan gejala, atau hanya menghasilkan gejala ringan yang biasa-biasa saja. Akibatnya, orang salah mengira bahwa itu sesuatu yang lain, seperti kelelahan atau ketegangan otot dada.

"Insiden sebenarnya dari serangan jantung diam tidak diketahui," kata dr Michelle O'Donoghue, seorang peneliti senior di TIMI Study Group, sebuah kelompok penelitian akademis yang mempelajari penyakit kardiovaskular di Harvard.

Baik wanita maupun pria berisiko terkena serangan jantung. Menurut dia, orang sering tidak mengetahui bahwa mereka mengalami serangan jantung sampai mereka menjalani elektrokardiogram (EKG) dan dokter memperhatikan tanda-tanda yang konsisten dengan kerusakan jantung. Pada serangan jantung simtomatik, serangan jantung diam melibatkan penyumbatan aliran darah ke jantung. Ini melukai bagian dari otot jantung, meninggalkan tanda-tanda.

Serangan jantung mungkin tidak diketahui, namun cedera yang ditimbulkannya nyata dan menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi untuk gagal jantung atau serangan jantung pada masa depan.

Jika telah mengalami serangan jantung diam-diam, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengendalikan faktor risiko kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes, yang dapat membuat serangan jantung lain lebih mungkin terjadi.

"Dokter tidak sepenuhnya mengerti mengapa beberapa orang tidak mengalami gejala atau hanya gejala ringan atau tidak biasa selama serangan jantung," kata dr O'Donoghue. 

Anda dapat melakukan langkah-langkah ini untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Bicaralah dengan dokter Anda tentang faktor risiko. Identifikasi hal-hal dalam riwayat kesehatan Anda yang mungkin membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, riwayat keluarga dengan penyakit jantung, dan diabetes. Jangan lupa untuk menyebutkan faktor risiko khusus wanita, seperti riwayat menopause dini (sebelum usia 40) atau episode preeklamsia sebelumnya.

Mulai sekarang, terapkan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung, yang berarti tinggi buah dan sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat, dan rendah makanan olahan, lemak jenuh, dan gula. Penting juga untuk berolahraga secara teratur, serta tidur berkualitas tinggi yang cukup. Anda juga harus bekerja untuk mengurangi tingkat stres Anda.

"Karena gejala serangan jantung dapat terlewatkan, penting untuk melanjutkan tindak lanjut rutin dengan penyedia perawatan primer Anda," kata dr O'Donoghue. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement