Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Ini Cara Tingkatkan Kinerja Firefox

Rabu 25 Aug 2021 21:34 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Kinerja firefox bisa ditingkatkan dengan menonaktifkan layanan aksesibilitas.

Kinerja firefox bisa ditingkatkan dengan menonaktifkan layanan aksesibilitas.

Foto: Tech Radar
Kinerja firefox bisa ditingkatkan dengan menonaktifkan layanan aksesibilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna yang mengalami masalah kinerja saat menggunakan peramban web Firefox pada sistem desktop dan Android dapat meningkatkan kinerja platform ini. Caranya dengan menonaktifkan layanan aksesibilitas peramban.

Bug yang dibuka di Bugzilla@Mozilla empat hari lalu menunjukkan bahwa Layanan Aksesibilitas Firefox memiliki kebocoran memori yang menyebabkan penurunan kinerja, terutama pada halaman web yang berat. Mozilla menghapus opsi untuk mengontrol pengaturan aksesibilitas browser desktop dari preferensi beberapa waktu lalu yang malah memperburuk keadaan. Meskipun masih mungkin untuk mematikannya menggunakan about:config, ini mungkin bukan sesuatu yang diketahui atau dirasa nyaman oleh sebagian besar pengguna.

Baca Juga

Dilansir dari Ghacks, Rabu (25/8), laporan menunjukkan beberapa pengguna berhasil mengurangi penggunaan memori browser web Firefox setelah menonaktifkan layanan; yang lain di sisi lain melaporkan bahwa mengubah pengaturan tidak memengaruhi penggunaan memori. Mungkin ide yang baik untuk menguji ini pada sistem lokal agar mengetahui apakah instalasi Firefox lokal terpengaruh oleh masyarakat tersebut.

Tidak jelas seberapa luas bug itu dan apakah itu terkait dengan sesuatu yang lain; ini akan menjelaskan mengapa menonaktifkan layanan hanya berfungsi untuk beberapa pengguna Firefox dan tidak semuanya. Mozilla sedang menyelidiki masalah ini.

Pengaturan menonaktifkan fitur secara paksa di browser web Firefox. Anda dapat mengatur ulang ke nilai default 0 kapan saja untuk memulihkan fungsionalitas. Di Android, menonaktifkan fitur ukuran teks di pengaturan memiliki efek serupa.

Sebagai catatan, Layanan Aksesibilitas mungkin diperlukan untuk perangkat lunak pembantu, eksistensi dan alat lainnya. Ini mungkin berhenti bekerja jika fitur dinonaktifkan di browser web Firefox.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA