Rabu 25 Aug 2021 21:18 WIB

MU akan Pimpin Perburuan Haaland pada Musim Panas Mendatang

Klausul pelepasan Haaland sebesar 64 juta poundsterling baru berlaku tahun depan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Erling Haaland dari Borussia Dortmund.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sebuah laporan di Jerman menyebutkan Manchester United (MU) memimpin perburuan Erling Haaland musim panas mendatang. Bintang Borussia Dortmund tersebut menarik minat sejumlah klub top Erooa menyusul penampilan mengesankan beberapa tahun terakhir.

Ia berseragam Dortmund pada Januari 2020. Namun klausul rilis yang dilaporkan sebesar 64 juta poundsterling (Rp 1,26 triliun) baru akan mulai berlaku musim panas mendatang, dilansir dari Mirror, Rabu (25/8).

Baca Juga

Dortmund menolak berbagai tawaran yang masuk karena klub ingin mempertahanka pemain berusia 21 tahun tersebut. MU sangat dikaitkan dengan Haaland saat masih berseragam Red Bull Salzburg. Namun miskomunikasi membuat Haaland justru menerima tawaran Dortmund. Padahal saat itu MU bisa membelinya dengan harga yang masih 'murah'.

Kini setelah harga Haaland melambung, MU tak patah semangat mengejar pemain internasional Norwegia tersebut. Setan Merah berharap keinginan sang pemain bermain di Liga Inggris, serta hubungan Haaland dan Ole Gunnar Solskjaer yang pernah bekerja sama pada masa lalu, dapat memudahkan proses transfer ke Old Trafford.

Real Madrid, Chelsea, dan Manchester City juga dikaitkan dengan Haaland. Chelsea yang pada awalnya ingin mendatangkan Haaland tampaknya tak akan terjadi musim panas ini karena baru mendatangkan Romelu Lukaku.

Adapun Madrid lebih mengejar Kylian Mbappe daripada Haaland. City memasukkan Haaland di radarnya. Namun mereka justru fokus kepada Harry Kane. Sayangnya, Kane baru saja mengumumkan akan bertahan. Bisa jadi City makin serius menggaet Haaland, atau mendatangkan Cristiano Ronaldo.

Pelatih Dortmund Marco Rose berharap Haaland bertahan setelah musim panas mendatang. Menurutnya Haaland tak harus pergi hanya karena namanya dibicarakan terus menerus bakal hengkang.

"Bagaimanapun, kami senang dia saat ini bermain untuk kami. Siapa tahu, mungkin akan lebih dari satu musim jika kami menulis cerita yang luar biasa di sini," kata Rose.

Opsi posisi penyerang MU bisa dirombak musim panas mendatang menyusul berakhirnya kontrak Edinson Cavani berakhir. Anthony Martial juga berpotensi pergi.

Ayah Haaland turut berkomentar mengenai pemberitaan Haaland. Menurutnya MU telah mencapai kesuksesan besar beberapa tahun terakhir. Namun Haaland masih pemain Dortmund.

"Ini dua klub yang sangat tradisional dengan basis penggemar yang besar dan sejarah yang gemilang. Man United adalah klub yang sangat membanggakan, sama seperti Dortmund di Jerman," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement