Rabu 25 Aug 2021 17:57 WIB

PDAM Depok akan Tambah Fasilitas Keran Air Siap Minum

Ke depan akan dibangun fasilitas tersebut di tempat-tempat umum di Kota Depok.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang anak meminum air secara langsung dari kran air pdam siap minum (ilustrasi)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Seorang anak meminum air secara langsung dari kran air pdam siap minum (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok akan menambah fasilitas keran air yang bisa langsung dikonsumsi masyarakat. Setelah ada di kantor Pemerintah Kota (Pemkot), ke depan akan dibangun fasilitas tersebut di tempat-tempat umum yang ada di Kota Depok. 

"Bentuknya seperti yang ada di Balai Kota Depok. Di sana ada tiga titik air keran yang bisa langsung diminum, diawali di Balai Kota Depok yakni di halaman Masjid Balai Kota, lapangan, dan halaman parkir Gedung Baleka," ujar Dirut PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Muhammad Olik Abdul Holik di Kota Depok, Rabu (25/8).

Baca Juga

Menurut Olik, untuk titik yang baru, fasilitas tersebut juga sudah dipasang di Alun-alun Kota Depok. Karena masih pandemi maka belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Fasilitas water storage atau keran siap minum juga telah kami bangun di daerah Kelurahan Tugu di Jalan RTM. Jadi itu gratis ambil air minum di sana buat pelanggan pakai galon atau botol kalau bagus akan kita bangun lagi di sejumlah titik," jelasnya.

 

Ia menambahkan, keran siap minum tersebut memiliki konsep reverse osmosis (RO). Konsep itu menghilangkan semua bakteri, sehingga air layak untuk diminum secara langsung.

"Di kantor kami juga semua telah menggunakan keran siap minum. Kami berharap warga juga bisa memanfaatkannya sebagai fasilitas sumber air minum langsung," ungkap Olik.

Lanjut Olik, air siap minum ini telah melalui proses uji laboratorium dan hasilnya sudah sesuai dengan standar layak untuk dikonsumsi. Sumber air berasal dari sumber PDAM, yang dimasukkan instalasi RO dan telah siap untuk diminum. "Air keran tersebut telah layak untuk diminum oleh warga Depok," terangnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement