Rabu 25 Aug 2021 17:10 WIB

Ini Kata Kabid Binpres PBSI Soal Undian Piala Sudirman

Indonesia tergabung di Grup C bersama Denmark, ROC, dan Kanada.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky
Foto: PBSI
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia tergabung di grup C pada babak penyisihan Piala Sudirman 2021. Kepastian ini didapat setelah undian berlangsung pada Rabu (25/8). Di Grup C terdapat Denmark, ROC (Russian Olympic Committee), dan Kanada yang akan menjadi pesaing Indonesia.

Ajang bulu tangkis beregu campuran dunia tersebut rencananya akan dihelat pada 26 September - 3 Oktober di Kota Vantaa, Finlandia. Kota ini ditunjuk sebagai tuan rumah menggantikan Suzhou di China.

Baca Juga

Ini akan menjadi pertemuan ke-10 Indonesia dengan Denmark di penyisihan grup Piala Sudirman. Sebelumnya kedua negara ini pernah saling bertemu di fase grup pada tahun 1993, 1995, 1997, 2001, 2003, 2007, 2015, 2017, dan 2019. 

Di atas kertas, lawan terberat tim Merah-Putih tentunya ada pada tim Denmark yang memiliki kekuatan merata seperti Viktor Axelsen (tunggal putra), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (ganda putra) hingga Mathias Christiansen/Alexandra Boje, tetapi ROC dan Kanada juga harus tetap diwaspadai. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Rabu sore.

"Untuk undian hasil Piala Sudirman ini saya rasa cukup baik. Tetapi tetap kita tidak boleh lengah dan anggap remeh karena kita satu grup dengan Denmark yang seimbang dan juga Rusia dan Kanada yang bisa mengejutkan. Sekarang kami akan fokus untuk mempersiapkan diri untuk turnamen-turnamen penting ini," kata Rionny dalam keterangan media PP PBSI.

Rionny juga mengaku sudah mempersiapkan program-program khusus dalam latihan demi asa mengembalikan lambang supremasi bulu tangkis dunia tersebut. Bahkan ia juga memastikan akan menggelar simulasi sebagai rangkaian persiapan.

"Untuk saat ini memang kami di semua sektor masih melakukan latihan recovery, pemulihan kembali setelah Olimpiade lalu dari stamina, fisik dan mental. Setelah ini baru akan masuk ke persiapan intensif baik itu Piala Sudirman maupun Thomas dan Uber," kata Rionny.

Untuk pertama kalinya, Piala Sudirman dilangsungkan pada tahun yang sama dan waktu yang berdekatan dengan gelaran Piala Thomas dan Uber. Sejatinya, Piala Thomas dan Uber digelar pada tahun genap atau tahun 2020 lalu tetapi karena pandemi Covid-19, ajang beregu putra dan putri itu harus ditunda satu tahun. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya memutuskan untuk menggelarnya tahun ini.

Walau saling berdekatan, PBSI tetap menargetkan hasil terbaik untuk Piala Sudirman juga Thomas dan Uber.

"Semua turnamen ini akan kami prioritaskan, baik Piala Sudirman maupun Thomas & Uber karena semuanya penting. Saya akan berusaha semaksimal mungkin dengan pelatih dan atlet. Walau waktunya berdekatan tapi ada jeda satu minggu antara Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber, saya rasa itu cukup untuk mengembalikan kondisi anak-anak," tutur Rionny.  

"Saya yakin kita semua siap dan makin termotivasi. Prinsip saya, setiap turnamen targetnya harus juara. Semoga tahun ini Piala Sudirman bisa kita bawa kembali ke Indonesia," kata dia.

Berikut hasil undian lengkap Piala Sudirman 2021:

Grup A

China

Thailand

Finlandia

India

Grup B

China Taipei

Korea Selatan

Tahiti

Jerman

Grup C

Indonesia

Denmark

ROC (Russian Olympic Committee)

Kanada

Grup D

Jepang

Malaysia

Inggris

Mesir (*)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement