Rabu 25 Aug 2021 13:56 WIB

Sebelum Ditangkap Polisi, Muhammad Kece Sembunyi di Bali

Kece jadi tersangka penistaan agama usai menyebut Nabi Muhammad sebagai pengikut jin.

Rep: Ali Mansur/ Red: Karta Raharja Ucu
Tersangka penistaan agama Muhammad Kece, ditangkap polisi. Foto (ilustrasi).
Tersangka penistaan agama Muhammad Kece, ditangkap polisi. Foto (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum ditangkap Tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Muhammad Kece sempat bersembunyi di Bali untuk menghindari kejaran aparat penegak hukum. Kini Muhammad Kece ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

“Ya betul (sudah ditangkap),” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Rabu (25/8).

Hanya saja, Argo belum bisa membeberkan pasal sangkaan yang akan diberikan kepada youtuber tersebut. Karena itu, Muhammad Kece akan dibawa oleh tim penyidik ke Gedung Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Kabareskrim: Muhammad Kece Sudah Ditangkap

Muhammad Kace sebelumnya dilaporkan oleh sejumlah pihak soal videonya yang diduga menistakan agama. Kepala Badan Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan mengatakan, tim penyidik telah meningkatkan status ini dari penyelidikan ke penyidikan usai melakukan gelar perkara.

Dalam gelar perkara tersebut, penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup, yaitu tangkapan layar dan video yang diunggah Muhammad Kece itu. Menurut Ramadhan, video yang diunggah Muhammad Kece berpotensi menimbulkan kegaduhan dan memecah bela bangsa. Karena itu, Polri telah mengajukan kepada Kominfo untuk men-take down video itu dari media sosial Youtube.

“Dari 400 video yang telah diposting MK, sudah 20 video sudah di-take down,” kata Ramadhan.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Minta 3 x 24 Jam Polisi Harus Tangkap M Kece

Di antara ucapan Muhammad Kece yang disoal adalah dia menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal. Selain itu dia juga menyebut ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar sehingga harus ditinggalkan.

"Karena memang Muhammad Bin Abdullah ini pengikut jin," ujarnya dalam tayangan di akun YouTube Muhammad Kece berjudul 'Kitab Kuning Membingungkan' yang diunggah pada 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Polri: 20 Video Terkait M Kece Sudah di-Takedown

Dalam video di akun yang sama berjudul 'Sumber Segala Dusta', Muhammad Kece juga menyebut "Muhammad ini dekat dengan jin, Muhammad ini dikerumuni jin, Muhammad ini tidak ada ayatnya dekat dengan Allah".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement