Rabu 25 Aug 2021 08:49 WIB

Menikmati Indahnya Waduk Cincin Tanjung Priok dari JIS

Warga Jakarta patut bangga dengan hadirnya stadion bertaraf dunia ini.

Anak-anak saat bermain di Waduk Cincin, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (13/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak saat bermain di Waduk Cincin, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, Lembayung senja menghiasi ufuk barat langit Jakarta Utara pada Selasa (24/8). Di bawahnya, keindahan Waduk Cincin terlihat jelas bila posisi berada pada lantai enam Jakarta International Stadium (JIS) yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok. 

Sisi dalam konstruksi JIS memang masih tampak dikerjaka noleh sejumlah pekerja. Namun, itu tak mengurangi suasana kemegahan dalam stadion bertaraf Internasional itu kelak.

Kelompok Kerja Jurnalis Jakarta Utara (JJU) berkesempatan merasakan suasana itu pada Selasa sore itu. Ketika manajemen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) mengajak tur ke dalam stadion.

Sebelum masuk ke dalam area proyek JIS, rombongan dibekali dengan alat pelindung diri (APD) berupa baju dan helm proyek serta sepatu boots berpelindung baja. Tim Jakarta Propertindo(Jakpro) juga mewajibkan rombongan mengenakan masker selama tur dilaksanakan.

Tur diawali dengan melihat area lapangan latih yang rencananya digunakan untuk tim nasional sepak bola. Kesempatan menjajal rumput hibrida dengan komposisi 95 persen rumput alami jenis Zoysia Matrella asal Boyolali dan lima persen rumput sintesis itu benar-benar menyenangkan.

Baca juga : Tersangka Kasus Km 50 tak Ditahan Kala HRS 'tak Boleh' Bebas

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo yang mendampingi tur tersebut mengatakan, saat itu, ada tim dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sedang mengetes daya pantul bola pada lapangan tersebut. "Kebetulan hari ini ada tim dari PSSI melaksanakan tes seluncur dan uji pantul agar lapangan ini memenuhi standar FIFA," ujar Arry.

Rumput sintesis JIS rupanya tak seperti rumput sintesis pada lapangan futsal pada umumnya. Tekstur rumputnya tidak kasar dan sangat nyaman dibuat rebahan. Rumput-rumput tersebut tumbuh membentuk pola garis seperti layaknya pada lapangan stadion di liga Inggris. Fungsi garis-garis itu untuk memudahkan penglihatan hakim garis dalam menentukan posisi pemain yang terperangkap "offside".

 

photo
Foto udara pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (17/8/2021). Progres pembangunan stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut per Agustus 2021 telah mencapai 67 persen. - (ANTARA/Fakhri Hermansyah)

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement