Rabu 25 Aug 2021 06:17 WIB

Bank Mandiri Kenalkan Layanan EDC Android

Bank mandiri mengadopsi perkembangan terkini alat pembayaran digital

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi mesin EDC. Bank Mandiri kini berinovasi menghadirkan layanan EDC melalui ponsel Android.
Ilustrasi mesin EDC. Bank Mandiri kini berinovasi menghadirkan layanan EDC melalui ponsel Android.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri Persero Tbk memperkenalkan layanan pembayaran perekam data elektronik atau electronic data capture (EDC) terhadap sistem operasi Android. Hal ini bertujuan untuk menambah kemudahan dan kenyamanan bertransaksi.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan layanan tersebut mulai dari kapasitas jumlah transaksi yang jauh lebih masif hingga pemantauan penggunaan EDC mobile dengan teknologi waktu terkini.

Baca Juga

“Untuk merealisasikan visi Bank Mandiri menjadi partner finansial utama pilihan nasabah, kami terus beradaptasi dan mengadopsi perkembangan terkini terkait alat pembayaran digital agar dapat memberikan nilai tambah yang optimal kepada nasabah dan mitra merchant,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Rabu (25/8).

Adapun peluncuran Mandiri EDC Android ditandai kerja sama dengan Sogo Indonesia. “Langkah ini merupakan inisiatif Bank Mandiri untuk menjadi salah satu modern digital retail bank dengan layanan yang adaptif terhadap kebiasaan baru nasabah,” ucapnya.

Layanan EDC Android dapat terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti sistem PoS (Point of Sales), aplikasi gerai, dan juga platform promosi dan loyalitas pelanggan. Selain itu, EDC Android juga dapat menerima lebih banyak alternatif pembayaran menggunakan kode respon cepat (QR Payment) dan nirsentuh.

Inisiatif ini juga merupakan wujud kolaborasi Bank Mandiri dengan Yokke (PT Mitra Transaksi Indonesia). Per Juli 2021 terdapat lebih dari 150 ribu gerai kerja sama, dengan jumlah EDC kisaran 218 ribu unit. Dari jumlah tersebut, Bank Mandiri mencatatkan volume penjualan sebesar Rp 62 triliun per Juli 2021 atau meningkat 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya (yoy).

Di samping itu Mandiri EDC mencatatkan transaksi sebanyak 104 juta per Juli 2021 atau meningkat sebesar 12 persen (YoY).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement