Rabu 25 Aug 2021 05:48 WIB

Google Play Store Tampilkan Aplikasi Sesuai Perangkat

Penyesuaian ini membantu pengguna menemukan aplikasi yang tepat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Google Play Store Tampilkan Aplikasi Sesuai Perangkat
Foto: androidheadlines.com
Google Play Store Tampilkan Aplikasi Sesuai Perangkat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringkat aplikasi adalah cara penting bagi konsumen untuk mendukung orang lain dalam mencari aplikasi yang sempurna, tetapi peringkat ini tidak selalu berguna untuk semua orang. Seseorang yang memiliki tablet level low-end, misalnya, mungkin mengalami masalah saat menjalankan aplikasi yang tidak akan dialami oleh seseorang yang memiliki ponsel kelas atas.

Dilansir di Slash Gear, Selasa (24/8), untuk mengatasi ini, Google mengatakan akan segera menyesuaikan peringkat aplikasi untuk mencerminkan jenis perangkat relevan untuk setiap pengguna. Jika pernah mengunduh aplikasi dari Play Store yang memiliki peringkat rendah tentang bug dan gangguan hanya untuk mengetahui itu berjalan dengan sempurna di perangkat Anda sendiri, Anda mungkin pernah mengalami situasi yang muncul ketika satu aplikasi tersedia untuk beberapa bentuk perangkat faktor.

Baca Juga

Google membahas masalah ini di blog Pengembang Android. Mereka mengungkapkan itu akan segera menampilkan peringkat aplikasi berdasarkan jenis perangkat tempat pengguna memasang aplikasi sehingga membantu pengguna menemukan aplikasi yang tepat.

Mulai awal 2022, pengguna Play Store akan melihat peringkat aplikasi yang mencerminkan pengalaman pengguna lain di perangkat serupa. Jika Anda menjelajahi aplikasi dari Chromebook, misalnya, Anda akan melihat peringkat aplikasi yang dikirimkan oleh pengguna lain yang memasang aplikasi di Chromebook.

Hal yang sama berlaku untuk faktor bentuk lainnya mulai dari Wear OS hingga perangkat yang dapat dilipat. Google mencatat dalam blognya pertumbuhan di antara pengguna tablet telah sangat kuat, mendorong pengembang untuk berpotensi memperbarui aplikasi mereka agar berjalan secara optimal pada jenis perangkat yang digunakan konsumen.

Pengembang mana pun yang akan mengalami perubahan peringkat aplikasi lebih dari 0,2 bintang akan diberikan setidaknya 10 pekan sebelumnya dari Google sebelum peringkat yang disesuaikan ditayangkan. Ini memberi para pengembang kesempatan untuk memperbarui aplikasi mereka jika yakin itu perlu. Sementara itu, Google Play Store juga akan mulai menampilkan peringkat berdasarkan lokasi pengguna pada November.

 

https://www.slashgear.com/google-play-store-will-soon-show-app-ratings-tailored-to-users-devices-23688138/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement