Selasa 24 Aug 2021 19:55 WIB

Greenwood Posisi Dua Pemain Muda dengan Pengalaman Terbaik

Mason Greenwood menempati posisi dua dalam daftar mingguan pemain muda CIES.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
 Mason Greenwood dari Manchester United merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Leeds United di Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 14 Agustus 2021.
Foto: AP/Jon Super
Mason Greenwood dari Manchester United merayakan setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Leeds United di Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 14 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penampilan Mason Greenwood bersama Manchester United (MU) pada awal musim ini membuat namanya berada di posisi kedua daftar pemain muda dengan pengalaman senior terbaik. Pencapaian ini diumumkan pihak penyedia jasa statistik eksklusif sepak bola, CIES Football Observatory.

Dalam daftar mingguan CIES Football Observatory Weekly Post yang mereka rilis, bintang muda Manchester United Mason Greenwood berada di bawah Pedri, dilansir Manchester Evening News, Selasa (24/8). 

Baca Juga

Greenwood mencetak dua gol musim ini untuk MU. Kendati demikian, soal penampilan di tim senior, pemain yang akan berulang tahun ke-20 pada 1 Oktober mendatang masih kalah dari gelandang Barcelona Pedri dalam peringkat CIES ini.

Meski Pedri satu tahun lebih muda dari Greenwood, ia lebih banyak mencatatkan penampilan untuk Spanyol dan Barcelona sejak pindah dari La Palmas musim panas 2020.

Pedri memainkan 78 pertandingan yang menakjubkan dalam satu tahun terakhir termasuk menjadi bagian skuad Spanyol di semifinal Piala Eropa 2020 dan final Olimpiade Tokyo. Ia juga menjadi pemain reguler untuk Barcelona.

Parameter yang digunakan CIES untuk membuat ranking ini adalah 100 pesepak bola di seluruh dunia yang belum merayakan ulang tahun ke-20. Namun mereka juga paling banyak mencatatkan penampilan bersama tim senior sepanjang tahun 2021.

Level kompetisi dan nilai keolahragaan klub yang dibela juga memiliki penilaian tersendiri. Bermain di Liga Primer jelas mendapatkan nilai lebih besar dibandingkan liga kecil lainnya di Eropa. Begitu pula pemain yang membela Manchester United mendapat nilai lebih besar dibandingkan pemain klub Kroasia Hajduk Split, misalnya.

Dari situ, Pedri menjadi pemain dengan catatan penampilan terbanyak dari sisi menit bermain dan pertandingan. Ia tampil dalam 3.827 menit dalam 49 pertandingan untuk Barcelona dan Spanyol, di mana dia mencetak dua gol.

Adapun Greenwood ada di peringkat ke-12 dalam perhitungan menit bermain dan keempat dari jumlah pertandingan. Ia mencatatkan waktu 2.327 menit dalam 36 pertandingan. Namun karena bermain di kompetisi yang lebih bergengsi, nilai keseluruhan Greenwood berada di posisi dua dalam perhitungan daftar tersebut.

Bicara mengenai ketajaman, Greenwood lebih mengesankan daripada Pedri. Greenwood sudah mencetak 10 gol, sementara Pedri baru dua. Awal musim ini, Greenwood sudah menyumbangkan dua gol.

Absennya Edinson Cavani dan didorongnya Anthony Martial lebih ke tengah memberikan peluang bagi Greenwood. 

“Saya menonton Greenwood pekan lalu sebagai penyerang tengah dan di situlah dia akan berakhir. Saya tidak meragukan itu, dan dia akan mencetak banyak gol," katanya.

Greenwood menawarkan ancaman jika menempati posisi penyerang tengah. Ia mempunyai kemampuan sentuhan dan gerakan memutar balik balik badang yang luar biasa.

Nama-nama terkenal lainnya dalam daftar CIES di antaranya Nuno Mendes (3), Ryan Gravenberch (4), Bukayo Saka (7), Jude Bellingham (10), Gio Reyna (13) dan pemain buruan MU Eduardo Camavinga (14). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement