Selasa 24 Aug 2021 17:51 WIB

Lima Film Horor India Terbaik Sepanjang Masa

Tumbbad jadi film India pertama yang tayang di Festival Film Venesia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film Tumbbad.
Foto: Eros International
Film Tumbbad.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Film horor tidak hanya milik Hollywood dan Jepang. Ada banyak cerita horor yang berasal dari berbagai negara yang juga menyeramkan.

Salah satunya dari India. Dari cerita rumah berhantu, sekolah tua, hingga telenovela aneh yang menggambarkan masa depan, ada juga beberapa film horor India terbaik dan paling menakutkan sepanjang masa. Apa saja film yang dimaksud? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Screen Rant, Selasa (24/8):

1. Tumbbad (2018)

photo
Film Tumbbad. - (Eros International)

 

Tumbbad merilis penayangan perdananya di Festival Film Internasional Venesia ke-75, menjadikannya film India pertama yang ditayangkan di festival tersebut. Itu tidak hanya berbicara tentang kualitas film, tetapi juga munculnya film horor India sebagai genre film populer di luar benua.

Kisah mistis dalam film ini menceritakan tentang penduduk Tumbbad, Maharashtra, yang menentang perintah Dewi Kemakmuran dan mendapat kutukan yang menghancurkan. Ini adalah film India yang hebat dengan akarnya dalam tradisi India, yang memamerkan beberapa sinematografi luar biasa.

2. 13B: Fear Has a New Address (2009)

photo
Film13B: Fear Has a New Address. - (Big Pictures)

 

Selain namanya yang agak aneh, film 13B: Fear Has a New Address adalah film India beranggaran rendah yang luar biasa. Film ini terlihat fantastis meskipun jelas kekurangan dana, menghasilkan keajaiban dengan sudut kamera yang inventif dan pembingkaian yang indah.

Madhavan juga membuktikan sebagai aktor terkemuka yang cakap, menggambarkan seorang pria yang melihat masa depan keluarganya melalui telenovela yang diputar secara eksklusif di televisinya. Ini memadukan unsur-unsur J-horror dengan alur cerita yang unik.

3. Bhoot (2003)

photo
Film Bhoot. - (Zee Studios)

 

Mengambil pengaruh besar dari film The Exorcist, Bhoot adalah film lainnya dalam subgenre kerasukan setan jahat. Film ini menceritakan pasangan suami istri Vishal dan Swati, yang pindah ke apartemen berhantu dan mulai mengalami dampak parah hingga kerasukan.

4. Mahal (1949)

photo
Film Mahal. - (Bombay Talkies)

 

Sering dikreditkan sebagai film horor pertama Bollywood, Mahal layak ditonton karena kisah historisnya. Dirilis pada 1949, film ini dibintangi oleh Ashok Kumar sebagai Hari Shankar, seorang pria yang mengalami penglihatan dan kejadian aneh di dalam istana barunya yang ditinggalkan.

Film ini mengangkat tema reinkarnasi sambil menghadirkan misteri menggoda, yang dipenuhi dengan ketakutan dan pertanyaan yang menggoda. Film ini sangat populer di negara asalnya India, mengubah horor gotik menjadi genre populer dan menjadikan Madhubala sebagai ikon sinema Hindi.

5. Aamis (Ravening) (2019)

photo
Film Aamis. - (Signum Productions)

 

Aamis (judul bahasa Inggris: Ravening) memulai debutnya di Festival Film Tribeca pada 2019, mengumpulkan beberapa ulasan yang sangat kuat. Ceritanya tentang seorang dokter anak bernama Nirmali, yang bertemu dengan seorang mahasiswa Ph.D yang sedang mempelajari kebiasaan makan India.

Keduanya dengan cepat membentuk ikatan dan segera mulai bereksperimen dengan berbagai jenis daging. Tak lama, Nirmali mengembangkan obsesi untuk mencoba daging manusia. Ini adalah alur cerita aneh yang akan memuaskan bahkan penggemar horor yang paling kritis sekalipun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement