Selasa 24 Aug 2021 14:56 WIB

Pemkot Tangerang Target Pembukaan Rekening 10 Ribu Pelajar

OJK DKI dan Banten ingin menumbuhkan budaya menabung sejak dini di kalangan pelajar.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Provinsi Banten akan meluncurkan pembukaan rekening dengan target awal 10 ribu pelajar dalam mendukung program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait.

"Akan kita agendakan bulan depan untuk pembukaan rekening kepada 10 ribu pelajar di Kota Tangerang," kata Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah usai mengikuti kegiatan Kreasi Anak Indonesia (Kreasi) dengan Satu Kejar secara virtual di Kota Tangerang, Senin (24/8).

Acara tersebut dihelat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten. Arief menuturkan, kegiatan yang dipelopori oleh OJK dapat meningkatkan literasi keuangan agar masyarakat memiliki pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan dalam mengelola keuangan dengan baik.

"Tentunya edukasi ini ditanamkan sejak dini kepada pelajar-pelajar kita agar memiliki literasi keuangan sehingga tidak mudah terjebak pada tawaran-tawaran ilegal, seperti pinjaman online atau bank keliling," kata Areief.

Dia berharap, dengan kegiatan webinar, anak-anak di Kota Tangerang dapat teredukasi terkait pentingnya budaya menabung sejak dini. Sehingga mereka mampu mengelola keuangan dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

"Menabung bukan dilihat dari besarannya, tetapi dari kontinuitasnya yang kita harapkan, sehingga pelajar dapat berlatih menyisihkan uang untuk ditabung," ujar Arief.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat menjelaskan, guna mendukung keberhasilan program Kejar dan meningkatkan awareness kepada pelajar untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini, OJK menggelar sosialisasi Kejar.

"Khusus diwilayah Provinsi Banten, Kantor OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten akan mendukung puncak kegiatan Kreasi yang dilaksanakan pada tanggal 24-27 Agustus 2021 dalam bentuk edukasi kepada 1.000 pelajar tingkat SD/MI dan SMP/Mts sederajat," ujar Dhani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement