Selasa 24 Aug 2021 08:16 WIB

Dua Kementerian Teken Nota Kesepahaman Pulihkan Ekonomi

Kemenparekraf dan Kementerian Investasi kerjasama pulihkan sektor ekonomi

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nashih Nashrullah
Kemenparekraf dan Kementerian Investasi kerjasama pulihkan sektor ekonomi. Ilustrasi ekonomi
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Kemenparekraf dan Kementerian Investasi kerjasama pulihkan sektor ekonomi. Ilustrasi ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Investasi di Bidang penanaman modal pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kerja sama ini dilakukan guna memulihkan sektor parekraf.

Penandatanganan MoU dilakukan secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiga Salahuddin Uno dan Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia. 

Baca Juga

Menparekraf Sandiaga menjelaskan nota kesepahaman kali ini menjadi pembuka kesempatan bagi para pelaku industri dan investor agar mengambil peluang untuk bangkit dari pandemi.

Dia mengakui sektor parekraf memang sedang tertekan, tetapi dengan kerja keras bersama dan gotong royong maka akan lebih mudah bangkit di masa sulit dan menang melawan Covid-19. 

"Ini adalah bagian dari proses investasi di sektor parekraf. Dan tentunya dalam keadaan seperti sekarang kita melihat kondisi sektor kita tertekan. Tapi ada peluang jika kita bisa memanfaatkan peluang tersebut," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (23/8). 

Dia menjelaskan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini untuk mewujudkan kerja sama saling menguntungkan yang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka kerja sama di bidang penanaman modal pada sektor parekraf yang berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan.

Kerja sama tersebut meliputi pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi; pelaksanaan pembinaan dan pemberian dukungan riset, edukasi, dan pengembangan parekraf, peningkatan kapasitas SDM, pengembangan destinasi dan infrastruktur di bidang parekraf, pengembangan industri dan investasi di bidang parekraf, pengembangan pemasaran peluang investasi parekraf, koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dalam pengembangan parekraf,  koordinasi dan harmonisasi dalam penyusunan kebijakan di bidang parekraf, dan kerja sama lainnya yang disepakati. 

Dalam kesempatan sama, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia berpesan kepada para pelaku usaha agar tidak pesimistis dan tetap percaya diri dengan kondisi saat ini. 

Sebagai pengusaha yang meniti karir dari bawah, dia mengatakan merasakan betul kondisi yang dialami pelaku usaha. 

Namun, dirinya meminta agar semua pelaku ekonomi kreatif dapat bangkit dan tumbuh kembali seperti sebelum adanya Covid-19. 

"Saya ingin katakan begini, jangan pernah kita pesimistis di saat posisi kita terendah. Saya pernah merasakan posisi paling di bawah, menengah, sampai sekarang. Kalau kita jadi pengusaha di titik terendah di bawah, jangan kita pesimis dan tidak percaya diri. Karena pengusaha hebat adalah pengusaha dari bawah naik ke atas kemudian jatuh lagi dan bangkit lagi," katanya.

Bahlil menegaskan di tengah pandemi Covid-19 salah satu sektor yang paling tertekan adalah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di sisi investasi, dia menyebut realisasi penanaman modal di sektor pariwisata menurun tajam selama pandemi. 

“Oleh karenanya, dari kerja sama ini, salah satu yang ingin diprioritaskan adalah mendorong pembenahan infrastruktur pariwisata selama pandemi Covid-19 ini. Untuk itu kami akan membentuk tim kecil agar dapat berkoordinasi secara intens dengan Kemenparekraf,” katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement