Selasa 24 Aug 2021 06:43 WIB

Turki Mulai Penggalian Kota Perinthos Berusia 2.600 Tahun

Tujuan penggalian ini untuk mengungkapkan sejarah kota kuno Perinthos.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Kota Perinthos
Foto: Daily Sabah
Kota Perinthos

IHRAM.CO.ID, MARMARA EREGLISI – Para arkeolog Turki mulai penggalian kota kuno Perinthos yang berasal dari tahun 6.000 SM di Marmara Ereglisi provinsi Tekirdag barat laut. Kegiatan ini diprakarsai Prof Zeynep Kocel Erdem atas nama Departemen Arkeologi Universitas Mimar Sinan.

Penggalian diperkirakan akan memakan waktu selama 12 bulan. Erdem mengatakan para ahli percaya Perinthos didirikan oleh penjajah dari pulau Samos. Tujuan penggalian ini untuk mengungkapkan sejarah kota kuno Perinthos.

“Perinthos adalah ibu kota provinsi Romawi Thrace. Itu adalah kota favorit para kaisar pada masa itu,” kata Erdem, dilansir Daily Sabah, Selasa (23/8).

Erdem menjelaskan mereka yang ikut berkontribusi dalam penggalian ini adalah para mahasiswa dan dosen Universitas Mimar Sinan. “Karena pandemi, kami mulai bekerja dengan tim yang terdiri dari 15 orang pada awalnya. Segera, kami akan menambahkan jumlah dan melakukan penggalian di berbagai wilayah kota,” ujar dia.

Tim ekskavasi berencana membuat rute mulai dari basilika hingga akropolis. Setelah proyek selesai, rambu-rambu akan ditempatkan di sepanjang jalan untuk memberi tahu pengunjung.

Direktur Budaya dan Pariwisata Provinsi, Ahmet Hacioglu, menyatakan kota bersejarah di Marmara Ereglisi menyerupai museum terbuka dan banyak jejak peradaban dapat diamati di sini. “Pilar terpenting dari wisata sejarah dan budaya di Tekirda akan dibuat dengan penggalian di kota kuno Perinthos. Dari sekarang, wisatawan lokal dan asing yang menggunakan jalan Tekirdag untuk transit akan mengunjungi Perinthos dan tempat-tempat wisata sejarah dan budaya lainnya,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement