Selasa 24 Aug 2021 01:00 WIB

Vaksinasi Jangkau Masyarakat di Kaki Gunung

Proyek percontohan dijalankan di tiga lokasi.

Rep: Intan Pratiwi / Red: Satria K Yudha
Guna mendukung sektor pariwisata yang melesu, vaksinasi dilakukan di tempat wisata yang ada di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Antara
Guna mendukung sektor pariwisata yang melesu, vaksinasi dilakukan di tempat wisata yang ada di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para relawan pencinta alam yang tergabung dalam Mandalawangi Bergerak akan melaksanakan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di kaki gunung. Program yang didukung TNI dan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam & Ekosistem KLHK ini diharapkan dapat mendorong pemulihan sektor perekonomian dan pariwisata di wilayah sekitar.

Penasihat Mandalawangi Bergerak, Heru Budiargo menyampaikan, dengan adanya program vaksinasi untuk masyarakat kaki gunung, diharapkan bisa membantu memenuhi kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah tersebut. “Bila kondisi sudah aman, kegiatan sektor pariwisata alam bisa kembali berjalan. Alhasil akan berdampak positif pada kegiatan perekonomian di wilayah sekitar,” ujar Heru, Senin (23/8). 

Ia mengatakan, masyarakat yang tinggal di kaki gunung merupakan ujung tombak dari pariwisata alam pegunungan. Namun, interaksi langsung para pendaki dengan masyarakat sekitar dapat membawa risiko penyebaran Covid-19.  “Kami berharap program ini dapat membantu pelaksanaan distribusi dan pemerataan vaksinasi ke daerah terpencil termasuk masyarakat kaki gunung ini,” tambah Heru.

Komandan Komando Resort Militer 061/Suryakancana Brigadir Jenderal Achmad Fauzi mengatakan, TNI sebagai perpanjangan tangan pemerintah, selalu siap menjalankan perintah dalam kegiatan serbu vaksinasi dan endukung kegiatan program vaksinasi masyarakat kaki gunung. “Korem 061/Suryakancana bekerja sama dengan Mandalawangi Bergerakan akan menyalurkan vaksin untuk 3.000 orang, sejalan dengan program Serbuan Vaksinasi Indonesia,” kata dia. 

Saat ini, Mandalawangi Bergerak sedang menjalankan proyek percontohan vaksinasi masyarakat kaki gunung, dengan menyasar pada tiga titik lokasi. Ketiga lokasi itu adalah wilayah kaki Gunung Gede-Pangrango, yakni Cibodas, Salabintana dan Gunung Putri. Target pemberian vaksin di tiga titik tersebut adalah untuk 3.000 orang. 

Ketua Mandalawangi Bergerak Rahmi Hidayati menambahkan, dukungan untuk penyediaan vaksin sudah didapat dari TNI dan pendataan peserta dibantu oleh aparat desa serta aktivis kegiatan alam setempat. Sementara pelaksanaan di lapangan difasilitasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement