Senin 23 Aug 2021 17:45 WIB

38 Dosen UBSI Lolos Program Digital Talent Scholarship 2021

Rektorat UBSI mendukung para dosen ikut Digital Talent untuk tingkatkan kemampuan

38 dosen Universitas BSI lolos dalam seleksi Digitalent Kominfo 2021 dalam Tema Pelatihan: Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur
Foto: UBSI
38 dosen Universitas BSI lolos dalam seleksi Digitalent Kominfo 2021 dalam Tema Pelatihan: Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Program Thematic Academy (TA) merupakan salah satu akademi dari Digital Talent Scholarship tahun 2021 yang ditujukan spesifik pada sektor industri/kalangan tertentu, dimana silabusnya telah disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Program TA bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era industry 4.0. Pada pelaksanaannya, Kominfo melibatkan beberapa pihak terkait mulai dari akademisi, industri, hingga beberapa komunitas sesuai masing-masing tema.

Program Thematic Academy memiliki banyak tema pelatihan, salah satunya adalah Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur.  Dalam program ini, dosen diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang kurikulumnya disusun berdasarkan standar kompetensi Nasional Bidang Keahlian Artificial Intelligence Subbidang Data Science. Pelatihan ini ditujukan untuk mempersiapkan tenaga pengajar yang kompeten di bidang Data Science.

Diah Puspitasari selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universtas BSI (Bina Sarana Informatika) menjelaskan, Universitas BSI sangat mendukung para dosennya untuk mengikuti kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan keilmuan, dan siap menjadi tenaga pengajar yang kompeten di bidang Data Science.

 

Menurutnya, dosen Universitas BSI sangat antusias untuk mengikuti pelatihan Associate Data Scientist: Artificial Intelligence yang diselenggarakan oleh Kemkominfo. 

Menurutnya, pada pelatihan ini, Kominfo menghadirkan Tutor/ Pengajar yang memiliki kompetensi di bidang data science. Pembelajaran sangat efektif dengan skema kelas yang ditentukan yaitu setiap 25 peserta dengan 1 Pengajar.

Teknis pelatihan pada Program Thematic Academy (TA) Tema Pelatihan: Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur diselenggarakan pada 31 Juli 2021-19 September 2021 secara online, dengan detail kegiatan 2 jam pertemuan melalui Video Conference setiap hari sabtu dan minggu. Kemudian 4 jam kelas mandiri pada https://lms.kominfo.go.id. 

“Alhamdulillah, 38 dosen kami lolos dalam seleksi Digitalent Kominfo 2021 dalam Tema Pelatihan: Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur. Semoga peserta dapat menyelesaikan agenda pelatihan dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan kompetensi bidang Data Science yang akan didapatkan dalam kegiatan ini," ujar Diah Puspitasari.

Lebih lanjut Diah berharap, Program Thematic Academy dapat menambah pengetahuan serta wawasan dosen khususnya di bidang data science. "Semoga dengan keikutsertaan dosen Universitas BSI dalam program-program Digital Talent Scholarship tahun 2021, khususnya Program Thematic Academy (TA) dengan Tema: Associate Data Scientist: Artificial Intelligence untuk Dosen dan Instruktur, dapat meningkatkan kemampuan dosen di bidang Data Science dan mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menciptakan ekosistem seimbang, dalam memaksimalkan peran quadruple helix (pemerintah, industri, institusi pendidikan dan masyarakat). Agar dapat menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital dimasa yang kan datang," tutur Diah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement