Senin 23 Aug 2021 15:03 WIB

Siswa Muslim Ini Dinobatkan sebagai Siswa Terpintar di Dunia

Gadis Muslim Nigeria, dinobatkan sebagai salah satu siswa paling cerdas di dunia

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Fareedah Oyolala, salah satu siswa yang dinobatkan sebagai siswa terpintar di dunia
Foto: About Islam
Fareedah Oyolala, salah satu siswa yang dinobatkan sebagai siswa terpintar di dunia

IHRAM.CO.ID, LAGOS -- Seorang gadis Muslim dari Lagos, Nigeria, dinobatkan sebagai salah satu siswa paling cerdas di dunia oleh Johns Hopkins Center for Talented Youth (CTY). Fareedah Oyolala merupakan siswi sekolah menengah di Greensprings School.

Vanguard melaporkan, Oyolala meraih penghargaan atas kinerja luar biasa dalam School and College Ability Test (SCAT) lanjutan sebagai bagian dari Pencarian Bakat CTY. CTY menggunakan pengujian tingkatan level di atas untuk mengidentifikasi siswa tingkat lanjut dari seluruh dunia dan memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan akademik mereka yang sebenarnya.

"Tesnya adalah tes bakat pilihan ganda dalam penalaran verbal dan kuantitatif, dan saya harus menjawab 100 pertanyaan dalam waktu 44 menit! Di akhir tes, skor saya berada di persentil ke-92 untuk penalaran verbal dan persentil ke-87 untuk penalaran kuantitatif," kata Oyolola, seperti dilansir di laman About Islam, Senin (23/8).

Oyolala mengungkapkan, ia tidak mungkin mendapatkan skor tinggi tersebut dengan jendela waktu yang terbatas jika bukan karena kerja keras yang dilakukan oleh gurunya, untuk mengembangkan kemampuan pemahaman dan keterampilan penalaran matematisnya.

"Saya sangat berterima kasih kepada mereka," ujarnya.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan direktur eksekutif CTY Virginia Roach mengucapkan selamat kepada para siswa yang meraih penghargaan tersebut.

"Kami sangat senang merayakan para siswa ini. Dalam tahun yang sama sekali tidak biasa, kecintaan mereka untuk belajar bersinar, dan kami bersemangat untuk membantu menumbuhkan pertumbuhan mereka sebagai cendekiawan dan warga negara di seluruh sekolah menengah, perguruan tinggi, dan seterusnya," kata Roach.

Sebagai pemimpin global dalam pendidikan berbakat sejak 1979, CTY berfokus pada pengakuan bakat akademik pada siswa K-12 yang luar biasa dan mendukung pertumbuhan mereka dengan kursus, layanan, dan sumber daya yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka.

CTY mengambil siswa dari 50 negara bagian Amerika Serikat (AS) dan 84 negara di seluruh dunia. CTY memberikan lebih dari 4 juta dolar dalam bentuk bantuan keuangan kepada siswa.

Ada lebih dari 15.500 pendaftaran dalam kursus Program Online CTY setiap tahun. Selain itu, Program Musim Panas tatap muka CTY untuk siswa cerdas ditawarkan di sekitar 20 lokasi di Amerika Serikat dan Hong Kong.

Kurang dari 20 persen peserta CTY Talent Search memenuhi syarat untuk CTY High Honors Awards. Penerima penghargaan juga memenuhi syarat untuk program online dan musim panas CTY, di mana siswa cerdas dapat membentuk komunitas pelajar yang terlibat dengan siswa cerdas lainnya dari seluruh dunia. (Kiki Sakinah)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement