Senin 23 Aug 2021 11:26 WIB

Studi: Makan 1 Hotdog Kurangi 35 Menit Hidup Sehat

Studi terbaru ungkap beban kesehatan dan dampak lingkungan dari makanan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Hotdog. Terbuat dari daging olahan, hotdog disebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.
Foto: EPA
Hotdog. Terbuat dari daging olahan, hotdog disebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Amerika Serikat belum lama ini merilis indeks nutrisi untuk menginformasikan pedoman dan membantu masyarakat mencapai diet lebih sehat dan lebih ramah terhadap lingkungan. Indeks itu mengurutkan jenis-jenis makanan yang per porsinya memberikan atau merenggut masa sehat seseorang.

"Kami menggunakan hasil studi ini untuk menginformasikan substitusi diet marginal yang realistis dan layak," kata salah satu penulis penelitian dilansir Fox News, Ahad (22/8).

Baca Juga

Penelitian itu mencakup 5.000 makanan yang diklasifikasikan berdasarkan beban kesehatan dan dampak lingkungan. Peneliti menemukan bahwa substitusi tingkat makanan yang kecil dan ditarget dapat mencapai manfaat nutrisi yang menarik dan pengurangan dampak lingkungan.

Makanan yang dipelajari memengaruhi sekitar 74 menit yang hilang hingga 80 menit yang diperoleh per porsi. Minuman manis, hotdog, burger, dan sandwich (roti lapis) untuk sarapan, dikaitkan dengan sebagian besar menit hidup sehat yang hilang.

Sedangkan buah-buahan, sayuran dan sayur campur tepung, sereal siap saji, biji-bijian yang dimasak, dikaitkan dengan keuntungan besar untuk hidup sehat. Lebih khusus, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi satu porsi 85 gram sayap ayam berarti kehilangan 3,3 menit hidup sehat.

Baca juga : Kenali Short Sleeper, Sindrom yang Diidap Barack Obama

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement