Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Jokowi Resmikan 9,3 Km Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang

Senin 23 Aug 2021 10:22 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi

Foto udara pembangunan jalan Tol Layang dalam kota Kelapa Gading-Pulo Gebang di Cakung, Jakarta Timur, pada 26 Juli 2021 lalu. Pada Senin 23 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Foto udara pembangunan jalan Tol Layang dalam kota Kelapa Gading-Pulo Gebang di Cakung, Jakarta Timur, pada 26 Juli 2021 lalu. Pada Senin 23 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang melengkapi jalan tol Metropolitan Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Senin (23/8) meresmikan enam ruas jalan tol dalam Kota Jakarta segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang. Jalan tol sepanjang 9,3 km ini pun sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Alhamdullilah pada pagi hari ini jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Jokowi saat peresmian.

Ia mengatakan, selesainya pembangunan jalan tol ini melengkapi bagian dari jalan tol Metropolitan Jabodetabek dan bagian dari lingkar dalam dan lingkar luar Jakarta. Presiden berharap, selesainya pembangunan jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading ini akan mempercepat distribusi logistik dan meningkatkan daya saing komoditas.

Karena jalan tol ini juga terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda dan terhubung juga dengan jalan tol Tanjung Priok. "Sehingga jalan tol ini akan memperkuat daya saing kita dan juga mobilitas orang di Jakarta semakin baik dan mobilitas barang antara kota Jakarta dan sekitarnya juga akan semakin baik," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap, skema pembiayaan pembangunan jalan tol ini juga dapat dilakukan di proyek jalan tol lainnya sehingga dapat mempercepat penyelesaian pembangunan. Yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan baik itu antara kementerian dan BUMN, kementerian, BUMN dan swasta atau model KBBU.

Baca juga : Ceramah Gus Baha Sentil Sukarno, Mega, dan PDIP Trending

"Dengan pembiayaan KPBU mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah kita rencanakan," kata Jokowi.

Selain itu, skema pembiayaan ini juga dapat digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi sehingga dapat mengatasi ketimpangan infrastruktur antardaerah serta mempercepat konektivitas.

"Dengan mengucap bismillah Jalan Tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," kata dia.

Baca Juga

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA