Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Tuesday, 3 Jumadil Awwal 1443 / 07 December 2021

Penjelasan Medis Mengapa Wanita Dilarang Sholat Saat Haid

Senin 23 Aug 2021 06:34 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Wanita dilarang melakukan sejumlah ibadah wajib saat alami haid. Ilustrasi wanita sholat

Wanita dilarang melakukan sejumlah ibadah wajib saat alami haid. Ilustrasi wanita sholat

Foto: Republika/Fuji Pratiwi
Wanita dilarang melakukan sejumlah ibadah wajib saat alami haid

REPUBLIKA.CO.ID, – Wanita yang sedang mengalami menstruasi (haid) dilarang untuk mengerjakan sholat  dalam Islam. Ternyata, larangan tersebut selain menimbulkan hikmah religi, namun juga menimbulkan hikmah lainnya yakni kesehatan.

Larangan bagi wanita haid untuk sholat dapat dilihat dari sejumlah dalil yang menyertainya. Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

لاَ تُقْبَلُ صَلاَةٌ بِغَيْرِ طُهُورٍ وَلاَ صَدَقَةٌ مِنْ غُلُولٍ “Laa tuqbalu sholatun bighairi thuhurin wa laa shadaqatun min ghululin.”  

“Tidak diterima sholat  tanpa bersuci dan tidak pula sedekah dari ghulul (hasil penipuan).” 

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

 إِذَا أَقْبَلَتْ الْحَيْضَةُ فَدَعِي الصَّلَاةَ وَإِذَا أَدْبَرَتْ فَاغْسِلِي عَنْكِ الدَّمَ وَصَلِّي “Idza aqbalat al-haidhatu fada-i as-shalaata wa idza adbarat faghsiliy anki ad-dama wa shalliy.” 

Yang artinya, “Apabila menstruasi datang, maka tinggalkanlah sholat  dan apabila pergi (sudah selesai haid), bersihkanlah darah dari dirimu dan sholatlah.” 

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan, orang yang menstruasi apabila mengerjakan sholat  maka berpotensi terdorongnya darah ke rahim dalam jumlah besar. Sehingga hal itu dapat menyebabkan wanita banyak kehilangan darah yang turun bersamaan dengan darah menstruasi.

Kadar darah dan cairan-cairan yang hilang dari tubuh perempuan selama menstruasi mencapai 34 mili liter darah. Begitu juga dengan cairan-cairan lainnya. Apabila perempuan yang sedang menstruasi menunaikan sholat , maka berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan pada tubuhnya.

Sebab butir-butir darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan semakin sedikit bersamaan darah yang kotor dan hilang dari tubuh. Pendarahan secara umum meningkatkan penyebaran berbagai penyakit. Adapun perempuan yang menstruasi, maka Allah SWT menjaga dan melindungi mereka dari penularan penyakit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA