Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Persiapan PTM Terbatas, Kota Bogor Kebut Vaksinasi Pelajar

Senin 23 Aug 2021 06:08 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Sasaran remaja yang akan divaksinasi yakni sebanyak 104.417 orang. 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah melakukan percepatan vaksinasi massal sasaran pelajar, sebagai persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Hal itu disesuaikan dengan instruksi presiden RI Joko Widodo.

Berdasarkan data yang ada pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, capaian vaksinasi terhadap pelajar atau remaja usia 12 hingga 17 tahun, baru mencapai 15,36 persen. Sasaran remaja yang akan divaksinasi yakni sebanyak 104.417 orang. Artinya, baru 16.039 di antaranya yang sudah divaksinasi.

 

photo
Pelajar mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19. (ANTARA/JOJON)
 

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, selain pelajar, seluruh stakeholder di bagian pendidikan juga harus sudah divaksin untuk bisa melaksanakan PTM terbatas.

“Sesuai instruksi presiden, beliau menjanjikan PTM bisa dilaksanakan apabila seluruh stakeholder pendidikan sudah divaksin. Artinya apa? Ya 100 persen. Jadi sabar dulu,” kata Dedie kepada Republika, Ahad (22/8).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi mengatakan, pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Kemendikbudristek terkait pelaksanaan PTM terbatas di Kota Bogor. 

Hanafi menuturkan, saat ini Kota Bogor masih termasuk dalam wilayah PPKM Level 4. Sedangkan satuan pendidikan yang diizinkan mengadakan PTM terbatas yakni yang berada pada wilayah PPKM Level 1-3.

“Untuk Kota Bogor masih belum, yang jelas Level 1-3 baru bisa PTM. Kita tunggu dari Satgas Covid-19 saja,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Hanafi, sekolah-sekolah di Kota Bogor sudah melakukan persiapan untuk PTM, sama seperti saat pelaksanaan PTM pada akhir Mei lalu. Hanya saja, Disdik Kota Bogor masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat.

Hanafi menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga melakukan upaya vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia 12 hingga 17 tahun. Dalam arti lain pada siswa tingkat SMP hingga SMA.

“Persiapannya semua sudah, tinggal kebijakannya saja. Pemkot Bogor juga melakukan upaya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12 tahun sampai dengan 17 tahun,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA