Senin 23 Aug 2021 05:51 WIB

Israel Perkuat Pasukan Militer di Perbatasan Gaza

Pasukan Israel di sepanjang perbatasan Gaza diperkuat dengan unit tambahan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Polisi Israel menangkap seorang wanita Palestina dalam bentrokan
Foto: AP/Mahmoud Illean
Polisi Israel menangkap seorang wanita Palestina dalam bentrokan

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM -- Tentara Israel telah memperkuat pasukannya di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza pada Ahad (22/8). Pengeraham kekuatan ini dilakukan di tengah ketegangan yang terjadi di Gaza.

Dilansir Middle East Monitor, sebuah pernyataan militer mengatakan, pasukan di sepanjang perbatasan Gaza diperkuat dengan unit tambahan. Pengerahan tambahan pasukan dilakukan setelah evaluasi situasi keamanan di daerah tersebut.

Menurut surat kabar Yedioth Ahronoth, militer Israel meningkatkan kesiagaan pasukannya untuk mengantisipasi tembakan roket dari wilayah Palestina. Pada Sabtu (21/8) malam, pesawat tempur Israel meluncurkan serangkaian serangan udara terhadap Hamas di Gaza.  

Eskalasi terjadi setelah bentrokan antara pasukan Israel dan Palestina yang menandai peringatan 52 tahun pembakaran Masjid Al-Aqsa di sepanjang perbatasan Gaza. Setidaknya 41 warga Palestina terluka selama kekerasan. Sementara tentara Israel mengatakan, satu orang anggota militer ditembak dan terluka parah di perbatasan Gaza.

Serangan berlangsung ketika protes Gaza yang diorganisir Hamas dan faksi-faksi lainnya untuk mendukung Yerusalem. Militer Israel menyebut ratusan warga Palestina berkumpul di dekat perbatasan yang dijaga ketat di Jalur Gaza, di mana beberapa orang mencoba memanjat pagar perbatasan dan yang lainnya melemparkan bahan peledak ke arah pasukan Israel.

"Pasukan IDF (militer Israel) merespons dengan cara pembubaran kerusuhan, termasuk bila perlu tembakan langsung," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Gaza melaporkan, di antara dua warga Palestina yang terluka parah adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang ditembak di kepala.  Sebagian besar lainnya mengalami cedera sedang, termasuk tembakan senjata ke anggota badan, punggung dan perut.

"Tembakan lintas perbatasan dari Gaza melukai serius seorang tentara polisi perbatasan Israel, yang berada di rumah sakit menerima perawatan medis," kata militer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement