Senin 23 Aug 2021 01:10 WIB

Roket Arianespace Soyuz Luncurkan 34 Satelit Internet

Ada 288 satelit OneWeb yang diluncurkan oleh Arianespace.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Fuji Pratiwi
Roket Arianespace (ilustrasi). Roket Arianespace Soyuz meluncurkan 34 satelit internet OneWeb ke luar angkasa.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Roket Arianespace (ilustrasi). Roket Arianespace Soyuz meluncurkan 34 satelit internet OneWeb ke luar angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, KAZAKHSTAN — Roket Arianespace Soyuz yang membawa 34 satelit misi OneWeb’s Launch 9 lepas landas dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan, Sabtu (21/8) pukul 18.13 EDT atau pukul 03.13 waktu setempat di Baikonur pada Ahad (22/8) setelah penundaan dua hari.

Peluncuran itu awalnya ditargetkan untuk Kamis (19/8), tetapi upaya itu dibatalkan pada akhir jam hitung mundur karena peristiwa non-nominal selama urutan otomatis terakhir, tulis perwakilan Arianespace dalam pembaruan hari itu.

Baca Juga

Masalah ini segera diidentifikasi dan diperbaiki, serta peluncuran dijadwalkan ulang pada Jumat (20/8) sore. Arianespace, melalui Twitter pada Jumat (20/8), mengatakan, tetapi peluncuran segera didorong mundur 24 jam lagi atas permintaan OneWeb. Alasannya, untuk persiapan perencanaan misi terkait dengan peluncuran yang diperbarui.

Semua 34 pesawat ruang angkasa-yang bersama-sama memiliki berat 5.518 kg-dipisahkan seperti yang direncanakan dari Soyuz tiga jam dan 45 menit setelah peluncuran, kata perwakilan Arianespace melalui Twitter. Satelit dikerahkan ke orbit dekat kutub 280 mil (450 km) di atas bumi, kemudian akan bermigrasi selama beberapa pekan mendatang ke orbit operasional mereka, yang memiliki ketinggian 746 mil (1.200 km).

Dilansir dari Space, Ahad (22/8), Arianespace dan Roscosmos menyiarkan peluncuran, yang menerangi langit dini hari di atas Baikonur, tetapi feed video langsung dari Arianespace berakhir tak lama setelah lepas landas. Pembaruan Roscosmos di Twitter menyatakan, Soyuz dan panggung atas Fregatnya tampil seperti yang diharapkan selama perjalanan berjam-jam ke pemisahan pesawat ruang angkasa.

Sekarang ada 288 satelit OneWeb di luar angkasa, semuanya diluncurkan oleh Arianespace melalui sembilan misi berbeda dan OneWeb masih jauh dari selesai. Perusahaan yang berbasis di London ini akhirnya berniat untuk mengoperasikan sekitar 650 pesawat ruang angkasa broadband di orbit rendah Bumi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement