UMS Sambut 7.601 Mahasiswa Baru secara Daring

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

Kampus UMS.
Kampus UMS. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan mengadakan serangkaian kegiatan guna menyambut 7.601 mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

Kegiatan Masa Taaruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (Masta-PMB UMS) Tahun 2021/2022 akan dilaksanakan secara daring mulai 23-28 Agustus 2021. Para mahasiswa baru akan disambut secara simbolis oleh Rektor UMS, Sofyan Anif, dengan rangkaian Grand Opening MASTA PMB, Expo UKM, Masta PMB Universitas, dan Masta ke-IMM-an.

Ketua Masta PMB UMS 2021, Muhammad Al Fatih Hendrawan, menjelaskan Masta-PMB merupakan kegiatan pengenalan organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di lingkungan UMS kepada mahasiswa baru. Sehingga mahasiswa dapat memilih salah satu kegiatan untuk menyalurkan bakat dan minat masing-masing.

"Masta PMB UMS merupakan kegiatan pengenalan ormawa di lingkungan UMS kepada mahasiswa baru sehingga 7.601 mahasiswa menemukan minat dan bakat pada UKM dan ormawa yang ada di UMS," terang Fatih seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (22/8).

Fatih menjelaskan, Masta-PMB tahun ini mengusung tema "Ukir Prestasi Cerahkan Negeri" dengan filosofi serta semangat optimistis yang besar. Tujuannya, agar di masa pandemi ini, mahasiswa baru UMS tetap terus mengukir berprestasi.

Ukir Prestasi memiliki makna proses belajar, proses berkarya, atau semua proses yang akan dialami mahasiswa baru selama belajar di UMS, dimana pada akhirnya ditujukan untuk menghasilkan luaran (outcome), yang dimaknai dengan kata prestasi. Sedangkan Cerahkan Negeri mengambil kata dasar dari tema yang digunakan pada tema Muktamar Muhammadiyah, yakni "Mencerahkan".

"Diharapakan tema Masta PMB ini bersinergi dengan tema Muktamar mendatang. Sehingga mahasiswa baru UMS akan menjadi kader-kader Muhammadiyah yang mampu berkontribusi dalam mencerahkan negeri ini," papar Fatih.

Sementara itu, Kapala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Alghofari, menjelaskan kepanitiaan Masta PMB UMS melibatkan semua UKM. Selain itu, Masta PMB menghadirkan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, serta orasi ilmiah oleh Director PT Panasonic Gobel Life Solutions yang juga alumnus UMS, Widyastama Nugraha.

Selain Grand Opening Masta PMB terdapat juga kegiatan Masta ke-IMM-an sebagai pengenalan tentang materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang akan dipandu oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) masing-masing fakultas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


LazisMu Beri Beasiswa kepada Mahasiswa UMS Terdampak Pandemi

UMS Hibahkan Ambulans ke RS PKU Wonogiri Tangani Covid

UMS Lepas 1.488 Wisudawan, 34 Persen Berpredikat Cumlaude

Mahasiswa UMS Sabet Dua Juara PITCOMFEST

UMS Kembali Lahirkan 14 Dokter Gigi Berprestasi Periode XV

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark