Ahad 22 Aug 2021 16:51 WIB

Konfigurasi Papermob PKKMB UNS 2021 Raih Rekor MURI

Total ada 11 formasi yang ditampilkan.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pembuatan konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Candradimuka 2021 berhasil memecahkan rekor MURI.
Foto: dok Humas UNS
Pembuatan konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Candradimuka 2021 berhasil memecahkan rekor MURI.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -– Pembuatan konfigurasi papermob dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Candradimuka 2021 berhasil memecahkan rekor MURI.

Rekor yang dipecahkan adalah konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak. Terdapat 5.200 Mahasiswa Baru (Maba) UNS yang ikut dalam pembuatan konfigurasi papermob ini.

Mereka memanfaatkan fitur virtual background pada aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk membuat konfigurasi papermob. Total ada 11 formasi yang ditampilkan, yaitu logo UNS, tulisan "Nareswara Wiratama Nusantara", peta Indonesia, gambar enam rumah adat dari enam pulau di Indonesia, logo PKKMB UNS Candradimuka 2021, dan formasi flashlight.

Capaian itu dinilai sangat membanggakan lantaran PKKMB UNS dalam dua tahun berturut-turut berhasil memecahkan rekor MURI konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak.

Tahun lalu, PKKMB UNS Mahasura Muda 2020 juga berhasil memecahkan rekor MURI pembuatan konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak yang melibatkan 4.500 maba UNS.

Pengukuhan rekor konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak disampaikan secara daring oleh Ari Andriani selaku representative MURI, pada acara Apresiasi dan Paguyuban Kebudayaan, Sabtu (21/8). Ari mengapresiasi raihan rekor MURI tersebut.

"Mewakili Ketua Umum MURI, maka kami umumkan konfigurasi papermob ini resmi tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia. Selamat atas pencapaian prestasi membanggakan ini," ujarnya seperti tertulis dalam siaran pers, Ahad (22/8).

Di hadapan panitia PKKMB UNS Candradimuka 2021 dan Maba UNS, Ari Andriani juga menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan pemecahan rekor MURI konfigurasi paperob dengan peserta terbanyak. Rekor ini tercatat pada No. 9989/R.MURI/VIII/2021.

"Pada hari ini Sabtu, 21 Agustus 2021 kembali mencatatkan prestasi di MURI dengan konfigurasi papermob oleh peserta terbanyak 5.200 peserta," tambahnya.

Ketua PKKMB UNS Candradimuka 2021, M Khairil Ibadu Rahman, mengatakan, tujuan dari konfigurasi papermob ini dimaksudkan untuk menonjolkan aspek kebudayaan nusantara.

Selain itu, ia menuturkan formasi logo UNS, tulisan "Nareswara Wiratama Nusantara", peta Indonesia, gambar enam rumah adat dari enam pulau di Indonesia, dan logo PKKMB UNS Candradimuka 2021 dimaksudkan untuk menunjukkan makna dan identitas dari PKKMB UNS. Warna virtual background yang dipilih oleh panitia PKKMB UNS 2021 terdiri dari merah, biru, dan putih.

"Sedangkan, untuk formasi flashlight dan semboyan, memerlukan bantuan lilin dan lampu senter. Formasi flashlight dan semboyan menyebutkan enam semboyan pulau besar, di antaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, dan Papua," jelas Khairil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement