Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

4 Olahraga Ini Sebaiknya Dihindari Lansia

Ahad 22 Aug 2021 11:40 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah

Saat mencapai usia lansia sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan.

Saat mencapai usia lansia sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan.

Foto: Sciencealert
Saat mencapai usia lansia sebaiknya perhatikan jenis olahraga yang dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Anda mencapai usia 50-an atau 60-an Anda harus memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan. Sebab, beberapa jenis olahraga bisa membahayakan bagian tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui latihan apa saja yang harus Anda hindari jika sudah mencapai usia di atas 60 tahun, seperti dilansir Eat This, Ahad (22/8).

 

Baca Juga

1. Lari

Orang-orang di usia tua mungkin menghindari berlari pada pagi hari. Pelatih Lari Bersertifikat USATF dan Direktur Pendidikan STRIDE, Steve Stonehouse, mengatakan bangun dan berlari pada pagi hari tanpa pemanasan benar dapat berdampak pada persendian.

Dia menyarankan mereka yang berusia di atas 60 tahun ke atas untuk berjalan atau jogging ringan. “Melakukannya di treadmill juga dapat membantu meringankan beberapa dampak berlari di luar,” kata Stonehouse.

 

2. HIIT

Direktur Pendidikan Row House, Caley Crawford, mengatakan high intensity interval training (HIIT) dapat menjadi latihan bagus bagi banyak orang. Tapi saat Anda berusia di atas 60 tahun, itu dapat membahayakan lutut Anda.

“Keausan sendi pada lutut Anda biasanya disebabkan oleh sifat latihan yang berdampak tinggi, termasuk banyak melompat dan bergerak seperti burpee. Selain itu, latihan HIIT biasanya terdiri dari latihan yang dilakukan dengan cepat yang dapat menyebabkan penurunan berat badan,” ujar dia.

Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk menemukan bentuk kardio yang meningkatkan detak jantung dengan cara yang sama tapi tanpa dampaknya. Contoh cardio yang bagus termasuk elips, mesin dayung, sepeda olahraga, dan berenang.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA