Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Novel Artificial Intelligence Terpanjang Pertama Diterbitkan

Ahad 22 Aug 2021 09:42 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Novel asal Korea yang ditulis dengan artificial intelligence (AI) segera diterbitkan (ilustrasi).

Novel asal Korea yang ditulis dengan artificial intelligence (AI) segera diterbitkan (ilustrasi).

Foto: Flickr
Novel asal Korea yang ditulis dengan artificial intelligence (AI) segera diterbitkan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Novel full-length pertama Korea Selatan yang ditulis oleh kecerdasan buatan (AI) akan diluncurkan pekan depan. Perusahaan penerbit, Parambook mengatakan novel yang ditulis oleh seorang penulis AI, bernama Birampung akan diterbitkan pada Rabu (25/8). Dalam bahasa Inggris, novel itu diterjemahkan sebagai The World from Now On.

Birampung telah dikembangkan bersama oleh startup AI lokal, Dapumda dan perusahaan pemrosesan bahasa alami, Namaesseu. Seorang penulis dan ahli ilmu komputer, Kim Tae-yeon mengarahkan AI untuk menulis novel melalui proses pembelajaran mendalam, setelah ia menguraikan tema, latar belakang, dan karakter novel.

Baca Juga

Kim Tae-yeon mengatakan buku itu akan menjadi novel panjang fitur pertama yang ditulis oleh AI untuk pembaca Korea. Novel yang ditulis dengan AI pertama di dunia diterbitkan di Rusia pada 2008.

"Hingga saat ini, hanya cerita ultra-pendek yang telah ditulis oleh AI di Korea Selatan dan Jepang," kata penerbit Parambook dilansir Yonhap News, Ahad (22/8).

Parambook mengeklaim bahwa novel The World from Now On mungkin menjadi novel pertama yang ditulis AI dengan narasi yang tepat. Novel ini menceritakan kisah lima protagonis, yaitu seorang ahli matematika disabilitas, pengusaha, psikiater, astrofisikawan, dan biksu Buddha, yang mencoba mencari tahu rahasia keberadaan manusia.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA