Ahad 22 Aug 2021 06:38 WIB

Ini Jenis Minyak Goreng yang Dilarang Ahli Gizi

Ahli gizi sebut ada jenis minyak goreng yang bisa sebabkan perut kembung.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ahli gizi sebut ada jenis minyak goreng yang bisa sebabkan perut kembung.
Foto: Pixnio
Ahli gizi sebut ada jenis minyak goreng yang bisa sebabkan perut kembung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pengguna minyak goreng yang rutin, penting mengetahui jenis minyak yang perlu ditinggalkan. Salah satu varietas yang harus ditinggalkan, menurut laman She Finds, dikutip Ahad (22/8), adalah minyak sayur atau minyak nabati.

Menurut laman tersebut, minyak nabati bisa menjadi penyebab kembung dan penambahan berat badan ketika dikonsumsi secara teratur. Minyak nabati terkenal mengandung lemak dalam jumlah tinggi.

Baca Juga

“Minyak nabati dan minyak yang memiliki rasio tinggi asam lemak omega-6 hingga omega-3 dapat menyebabkan kembung dan peradangan,” ujar Ahli Gizi Lisa Richards.

Meskipun disebut 'minyak nabati', variasi ini sering berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan kedelai. Bahan makanan ini diketahui menyebabkan kembung dan masalah pencernaan di dalam perut karena banyak diproses.

Mengingat minyak begitu sering dimasukkan dalam resep dari saus salad hingga makanan yang digoreng, penting untuk menemukan variasi yang akan melengkapi gaya hidup, daripada berdampak negatif pada tubuh.

“Saat memilih minyak, Anda pasti ingin memilih minyak yang setara dengan omega-6 dan omega-3 karena cenderung tidak menyebabkan kembung. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan standar Amerika mengonsumsi minyak omega-6 dalam jumlah besar dan ini menyebabkan kembung dan akhirnya menambah berat badan,” jelas Richards.

Sementara, kembung bukanlah kenaikan berat badan yang sebenarnya dan lebih merupakan kelebihan gas atau udara di perut. Ketidaknyamanan ini bisa menjadi intens dan menyebabkan penambahan berat badan. 

Alih-alih memilih minyak sayur atau kedelai (variasi lain yang menyebabkan kembung), Richards menyarankan untuk mempertimbangkan minyak alpukat, zaitun, dan biji rami sebagai andalan dalam diet sehat untuk menurunkan berat badan. Minyak alpukat kaya akan asam oleat yang merupakan lemak sehat yang diketahui bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit jantung, dan sangat bagus untuk memasak telur di pagi hari atau ditaburi ringan di atas salad.

Minyak varietas ini juga mudah diserap ke dalam tubuh, sehingga kita lebih mungkin menuai manfaat nutrisi dari minyak alpukat dibandingkan minyak lainnya. Selain itu, menggunakan semprotan memasak untuk melumasi wajan, adalah cara lain yang bagus untuk mengurangi kalori dan lemak berlebih sambil tetap menyiapkan wajan untuk memasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement