Sabtu 21 Aug 2021 22:43 WIB

Cara Aman Berkendara Saat Hujan dengan Defogger

Defogger merupakan fitur yang terdiri dari filamen yang membentang di kaca belakang.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Saat berkendara dalam cuaca hujan, terkadang embun muncul pada kaca bagian belakang. Hal ini tentu menimbulkan bahaya karena visibilitas pengemudi akan terganggu saat harus melihat ke belakang dari spion tengah.

Oleh karena itu, sejumlah produk mobil dibekali dengan defogger pada kaca bagian belakang. Dikutip dari website resmi Mitsubishi Indonesia pada Sabtu (21/8), defogger merupakan fitur yang terdiri dari filamen yang membentang di kaca belakang.

Baca Juga

Ketika defogger diaktifkan, arus listrik akan melewati filamen itu dan menghasilkan panas sehingga kaca mobil terbebas dari embun atau kabut. Disarankan, fitur ini hanya dinyalakan saat terdapat embun saja sehingga panas yang dihasilkan tidak justru akan berdampak negatif pada kaca dan lapisan film.

Dengan fitur ini, maka pengemudi dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman dibawah guyuran hujan. Tanpa fitur ini, satu-satunya cara untuk menghilangkan embun di kaca belakang adalah dengan membersihkan kaca menggunakan kain lap sehingga terkadang membuat pengendara malas untuk membersihkanya dan mengorbankan visibilitas berkendara.

Fitur defogger sendiri telah menjadi standar pada seluruh produk mobil penumpang Mitsubishi seperti Outlander, Eclipse Cross, Pajero Sport dan Xpander. Dari semua produk itu, Mitsubishi Xpander sendiri merupakan salah satu produk yang paling mendominasi penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

President Director MMKSI, Naoya Nakamura mengatakan, Xpander jadi salah satu produk yang paling diminati karena prouduk ini memiliki sejumlah keunggulan. "Tingginya kontribusi penjualan Xpander juga dipengaruhi oleh diskon pajak yang diberikan oleh pemerintah," kata Naoya Nakamura.

Pada Juli 2021, Xpander memberikan kontribusi penjualan hingga lebih dari 50 persen dengan total sales sebanyak 4.569 unit. Hal itu pun membuat Xpander meraih pangsa pasar sebesar 37 persen pada segmen small MPV.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement