Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Kota Bogor Percepat Vaksinasi Remaja untuk Laksanakan PTM

Sabtu 21 Aug 2021 22:26 WIB

Red: Bayu Hermawan

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Wali Kota Bogor mengatakan ada sebanyak 104.417 orang remaja yang jadi sasaran vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), mengejar percepatan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 kepada remaja berusia 12-18 tahun. Hal itu agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bisa segera dilaksanakan di Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi memberikan arahan bahwa daerah dapat melaksanakan PTM terbatas jika para pelajar sudah menjalani vaksinasi. Menurut Bima Arya, vaksinasi massal Covid-19 di Kota Bogor sampai Sabtu (21/8) hari ini telah mencapai sekitar 52 persen. 

Baca Juga

Dari jumlah tersebut, 15,30 persen di antaranya adalah vaksinasi untuk remaja usia 12-18 tahun atau usia pelajar. Berdasarkan data capaian vaksinasi pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, sasaran penerima vaksin remaja usia 12 hingga 18 tahun adalah 104.417 orang. 

Remaja yang telah menerima vaksin dosis pertama ada 15.978 orang atau 15,30 persen. Menurut Bima Arya, jumlah pelajar yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 masih sedikit, pelaksanaannya harus dipercepat. 

"Kalau Kota Bogor mau ada PTM, maka vaksinasi remaja harus dikebut dalam waktu satu bulan ini," katanya.

Bima menyatakan, semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan vaksinasi massal agar berkolaborasi pada percepatan pelaksanaan vaksinasi. "Kita berpacu dengan waktu. Jangan sampai Kota Bogor sudah membaik menjadi zona hijau, sekolah boleh dibuka, mal boleh dibuka, rumah makan dibuka, tapi vaksinnya belum selesai," ujarnya.

Untuk mengejar target penununtasan pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, menurut Bima, yang semula melaksanakan vaksinasi kepada sekitar 5.000 orang sasaran per hari, saat ini sudah mencapai sekitar 17.000 orang per hari. "Semakin banyak orang divaksin, maka Kota Bogor bisa lebih aman. Kami menargetkan, pada akhir September atau akhir Oktober vaksinasi sudah tuntas," katanya.

Sebelumnya, Kota Bogor telah melaksanakan uji coba PTM terbatas di 37 SMP di Kota Bogor, mulai 31 Mei 2021, tapi dihentikan lagi pada 12 Juni 2021, karena trend penyebaran Covid-19 di Kota Bogor meningkat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA