Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

SEBI Gandeng Perpusnas, Gelar Kelas Literasi Informasi #3

Sabtu 21 Aug 2021 15:13 WIB

Red: Irwan Kelana

STEI SEBI bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengadakan Kelas Literasi Informasi #3 secara daring, Kamis (19/8).

STEI SEBI bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mengadakan Kelas Literasi Informasi #3 secara daring, Kamis (19/8).

Foto: Dok STEI SEBI
Tujuannya mengembangkan kapasitas  mahasiswa dan  sistem layanan perpustakan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pengembangan keilmuan dalam berbagai bidang, menuntut  masyarakat untuk cakap dalam dunia literasi. Kampus sebagai wadah bagi para mahasiswa dan dosen serta seluruh elemen yang terlibat di dalamnya menjadi tempat yang sangat efektif untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dalam berbagai bidang.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) merupakan perguruan tinggi yang memiliki fokus pengembangan mahasiswa di bidang ekonomi syariah. Melalui perpustakaan yang dimilikinya, STEI SEBI juga turut berpartisi aktif dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa untuk mendapatkan referensi-referensi yang mendukung pengembangan keilmuan dan pengetahuan para mahasiswa khususnya pada bidang ekonomi syariah.

Dalam rangka mengembangkan kapasitas para mahasiswa dan juga sistem layanan perpustakaan, STEI SEBI melalui pihak perpustakaan juga dukungan dari SIBER-C  dan DLCIS menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mengadakan kegiatan yang diberi nama Kelas Literasi Informasi #3, Kamis  (19/8).

Siaran pers yang diterima Republika.co.id menyebutkan, tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Workshop Pemanfaatan E-Resources, iPusnas, IOS Perpustakaan Nasional RI di bidang Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis Syariah”. Acara yang berlangsung secara daring ini diikuti oleh hampir 240 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan telah melakukan registrasi pendaftaran di hari sebelumnya.

Dr  Aziz Budi Setiawan  SEI  MM  selaku wakil ketua I STEI SEBI bagian akademik dalam sambutannya menyampaikan, “Acara ini sangat penting,  utamanya bagi kita semua sebagai cendekiawan untuk bisa mendapatkan akses mata air ilmu melalui berbagai referensi keilmuan yang tersedia.”

Kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan perpustakaan STEI SEBI dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pemanfaatan akses literature-literatur yang ada pada E-Resources, iPusnas, IOS Perpusnas RI juga sangat membantu bagi para mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan juga bagi para peneliti, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini.

Narasumber pada kegiatan ini adalalah tim dari Perpusnas RI yaitu Yuli Maryani Ssos MSI sebagai pustakawan ahli muda Perpusnas RI dan Achmad Riyadi Alberto selaku Pustakawan Layanan Referensi Virtual Perpustakaan Nasional RI. Materi yang disampaikan oleh para narasumber berkaitan dengan Syarat Mengakses E-Resources, iPusnas, dan IOS Perpusnas RI dan juga bagaimana pemanfaatan E-Resources Perpusnas RI di bidang ekonomi, keuangan, dan bisnis syariah.

Berkaitan dengan detail materi yang disampaikan oleh para narasumber, dapat di akses melalui channel youtube STEI SEBI yang berjudul Kelas Literasi Informasi 3. Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dan juga sivitas akademika STEI SEBI, dan masyarakat pada umumnya. Dalam hal ini adalah berkaitan dengan  penelusuran sumber-sumber informasi khususnya pada bidang ekonomi, keuangan dan bisnis syariah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA