Sabtu 21 Aug 2021 07:38 WIB

Barcelona Buru Kemenangan Kedua di La Liga

Barca dalam tekanan berat usai gagal di La Liga dan Liga Champions pada musim lalu.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona Ronald Koeman.
Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Pelatih Barcelona Ronald Koeman.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akan berburu kemenangan beruntun di awal musim La Liga Spanyol 2021/2022, saat mengunjungi Athletic Bilbao, Ahad (22/8) dini hari WIB. Skuad asuhan Ronald Koeman itu membuka musim dengan kemenangan 4-2 atas Real Sociedad. Sementara, Bilbao ditahan imbang tanpa gol oleh Elche di laga perdana.

Barcelona mendapatkan tekanan berat musim ini usai gagal di La Liga dan Liga Champions musim lalu. Ditambah lagi, Barca harus ditinggal oleh Lionel Messi yang selama dua dekade selalu menemani perjuangan klub asal Katalan tersebut. Kini, tantangan Koeman tidak mudah dalam perburuan gelar liga ke-27 Barca musim ini.

Koeman harus menjaga tren positif di awal musim agar membuka jalan mulus menuju tangga juara. Ada banyak pertanyaan saat Barcelona menghadapi Sociedad.

Tapi Antoine Griezmann dkk mampu meraih tiga poin penting. Gerard Pique, Martin Braithwaite, dan Sergi Roberto, mencetak gol dalam kemenangan 4-2 di Camp Nou. Suporter pun kini berharap Barcelona paling tidak memenangkan dua laga lagi melawan Bilbao dan Getafe, sebelum berhadapan dengan lawan sulit, Sevilla, pada 11 September 2021.

Koeman menyatakan, skuadnya kini lebih tampil kolektif dibandingkan musim lalu. Hal ini berkat perginya Messi ke Paris Saint-Germain (PSG). Namun, Koeman tetap merasa kehadiran Messi tetap lebih baik.

''Ini dunia yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Fan telah mendorong kami. Kami menikmati tim ini dan hasilnya,'' ujar Koeman, dikutip dari Barcauniversival, Jumat (20/8).

Koeman punya peluang besar membawa timnya meraih tiga poin lagi. Barca hanya sekali kalah dalam tujuh pertemuan di San Mames, ketika tumbang 0-1 pada 2019.

Namun La Blaugrana kalah oleh the Basques dalam perempat final Copa del Rey 2019. Barca menang besar 4-0 dalam final Copa del Rey musim lalu untuk menjadi juara. Itu merupakan pertama kalinya dalam sembilan pertemuan, ada kemenangan dengan selisih gol lebih dari satu.

Meski Barca menguasai catatan kemenangan saat menghadapi Bilbao, Koeman tetap harus waspada. Bilbao tak banyak melakukan perubahan dalam komposisi pemain karena pembatasan aktivitas transfer musim panas tahun ini. Sehingga sebagian besar skuad yang ada kali ini merupakan pemain lama. Musim lalu, Bilbao finis di posisi 10 La Liga dengan 11 kemenangan, 13 imbang, dan 14 kali kalah.

Bilbao masih belum bisa diperkuat Yuri Berchiche, Peru Nolaskoain, Kenan Kodro, Inigo Cordoba, dan Alex Perca karena cedera. Beruntung, skuad asuah Marcelino itu telah kembali diperkuat oleh Raul Garcia. Oihan Sancet dan Inaki Williams di lini depan. Sementara Alex Berenguer dan Iker Muniain di posisi sayap.

Williams menyatakan, Bilbao harus berjuang dengan kekuatan sendiri saat menghadapi lawan seperti Barcelona. Ia meminta timnya fokus pada permainan sendiri, lebih banyak memainkan bola di pertahanan, dan menyulitkan Barca.

''Kami siap untuk lawan tim manapun. Itu akan menjadi pertandingan yang bagus. Kami kembali ke hadapan fan dan saya yakin dengan bersama kami bisa mendapatkan sesuatu yang positif,'' ujar Williams menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement