Jumat 20 Aug 2021 18:17 WIB

Dewan Keamanan PBB Khawatirkan Ekspansi ISIS di Afrika

ISIS sudah melebarkan sayap ke Afrika Tengah, Timur dan Barat

Red: Nur Aini
Anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan keprihatinan atas ekspansi yang mengkhawatirkan dari Daesh/ISIS di banyak wilayah, termasuk Afrika.
Anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan keprihatinan atas ekspansi yang mengkhawatirkan dari Daesh/ISIS di banyak wilayah, termasuk Afrika.

 

REPUBLIKA.CO.ID, DOUALA -- Anggota Dewan Keamanan PBB menyatakan keprihatinan atas ekspansi yang mengkhawatirkan dari Daesh/ISIS di banyak wilayah, termasuk Afrika.

Baca Juga

"Pergerakan kelompok teroris itu telah menyebar dari Mali hingga ke Burkina Faso dan Niger, juga serangan dari Nigeria ke Niger, Chad dan Kamerun, dan serangan dari Mozambik ke Tanzania," ungkap Vladimir Voronkov, wakil sekretaris kenderal Kantor Penanggulangan Terorisme PBB (UNOCT) ), Kamis (19/8).

PBB menyesalkan serangan lanjutan terhadap warga sipil, kota, dan kamp militer oleh kelompok-kelompok afiliasi Daesh/ISIS di Negara Islam di Provinsi Afrika Barat (ISWAP), Negara Islam di Sahara Besar (ISGS), dan Negara Islam di Provinsi Afrika Tengah (ISCAP).

Mereka juga prihatin tentang kehadiran dan ancaman Negara Islam Irak dan Syam - Khorasan (ISIL-K).

"Peningkatan pengaruh mereka di benua Afrika dapat memiliki implikasi luas bagi perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan," tambah UNOCT.

Mereka kemudian menyerukan "respons global" segera untuk mendukung upaya negara-negara Afrika dan organisasi regional memerangi terorisme. Voronkov mengatakan bahwa secara global, ancaman yang ditimbulkan oleh Daesh/ISIS terhadap perdamaian dan keamanan internasional tetap signifikan dan konstan selama enam bulan terakhir, sehingga meningkatkan ancaman yang serius.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/dewan-keamanan-pbb-khawatirkan-ekspansi-daesh-isis-di-afrika-/2341085
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement