Jumat 20 Aug 2021 12:48 WIB

Satu Dekade, Thailand Catat Defisit Rp 148,32 Triliun

Ini menjadi defisit pertama yang dialami Thailand sejak 2013.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Thailand
Foto: blogspot.com
Bendera Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Thailand menuju defisit transaksi berjalan bahkan kehilangan miliaran dolar yang diperoleh dari pariwisata. Kondisi tersebut kemungkinan memberi lebih banyak tekanan pada mata uang negara.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Jumat (20/8) ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara itu mungkin mencatat defisit transaksi berjalan sebesar 10,3 miliar dolar AS atau setara Rp 148,32 trilun (kurs Rp 14.400 per dolar AS). Angka defisit ini mencapai dua persen dari produk domestik bruto dan menjadi defisit pertama sejak 2013. 

Ditambah defisit anggaran yang terlihat melampaui 10 persen dari PDB selama 12 bulan hingga September, ini merupakan pukulan ganda terhadap baht, yang berada di daftar pantauan manipulator AS awal tahun ini.

Pembalikan keberuntungan mata uang utama Asia dengan kinerja terburuk tahun ini menggemakan kerusakan yang dirusak oleh pandemi pada ekonomi Thailand. Dengan negara yang terguncang di bawah fase paling mematikan dari wabah Covid-19 sejauh ini, pihak berwenang telah memberlakukan pembatasan yang melemahkan pertumbuhan bisnis dan pergerakan. 

Hal itu merusak peluang pemulihan cepat dan rencana pembukaan kembali perbatasan yang lebih luas bagi pengunjung asing, yang menyumbang lebih dari 60 miliar dolar AS terhadap ekonomi sebelum pandemi.

“Prospek pertumbuhan Thailand yang lemah, terutama karena ketergantungannya pada pariwisata, telah memperburuk sentimen terhadap baht, sehingga terjadi defisit dalam beberapa bulan terakhir,” kata Ahli strategi valuta asing di Australia & New Zealand Banking Group Ltd, Dhiraj Nim.

Baht telah jatuh 10,3 persen tahun ini diperdagangkan di dekat level terendah tiga tahun dan berada di jalur penurunan tahunan terbesar sejak 2000. Lebih banyak kerugian dan volatilitas mungkin akan terjadi pada baht karena faktor domestik.

Prospek pertumbuhan yang memburuk dan wabah yang mengamuk telah mendorong investor asing untuk menarik bersih 3,34 miliar dolar AS dari saham Thailand, semakin membebani mata uang tersebut. Bank of Thailand melihat risiko penurunan pada perkiraan PDB sebesar 0,7 persen pada tahun ini dan Gubernur Sethaput Suthiwartnarueput menyerukan tambahan satu triliun baht dalam pengeluaran pemerintah untuk meredam pukulan pandemi terhadap perekonomian.

Sementara Standard Chartered Bank Plc memperkirakan ekonomi Thailand menyusut tahun kedua berturut-turut karena pemulihan bergelombang yang terlihat dari pandemi. Hal ini melihat defisit transaksi berjalan negara itu berlangsung setidaknya hingga kuartal kedua 2022. Kedua bank mengharapkan Bank of Thailand akan memangkas suku bunga pada pertemuan berikutnya pada bulan September.

Nomura memperkirakan baht akan melemah menjadi 34 terhadap dolar dalam waktu dekat, didukung oleh bank sentral yang lebih pro-pertumbuhan yang kemungkinan akan menurunkan suku bunga utamanya dan defisit transaksi berjalan yang lebih luas karena prospek pariwisata yang lemah, ekonom yang dipimpin oleh Charnon Boonnuch dan Euben Paracuelles mengatakan dalam sebuah catatan minggu ini.

Defisit fiskal akan membengkak menjadi 10,1 persen pada tahun yang berakhir September, dari 6,4 persen fiskal sebelumnya, karena pendapatan pajak melampaui target dan pemerintah meminjam lebih banyak untuk mendanai stimulus virus. Adapun rasio utang publik terhadap PDB dapat dinaikkan menjadi 70 persen bulan depan untuk memenuhi kebutuhan pinjaman yang lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement