Jumat 20 Aug 2021 00:24 WIB

KH Mas Alawi, Sosok di Balik Nama NU (I)

keseriusan Kiai Mas Alwi dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat begitu besar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

IHRAM.CO.ID, Sayyid Alwi Abdul Aziz az-Zamadghon, lebih akrab dengan panggilan KH Mas Alwi, termasuk generasi awal yang membesarkan NU. Nama organisasi itu pun bersumber dari pemikirannya.

Seperti tampak dari gelarnya, tokoh ini termasuk keturunan Nabi Muhammad SAW atau kalang an habib. Ayahnya bernama Sayyid Abdul Aziz Az-Zamadghon, seorang mubaligh masyhur. Bila ditelusuri silsilahnya, Kiai Mas Alwi juga termasuk keluarga besar Sunan Ampel, salah seorang wali songo yang begitu dihormati masyarakat Jawa.

Baca Juga

Tahun kelahirannya tidak diketahui secara pasti. Berbagai sumber menyebutkan, ketika NU berdiri pada 1926, Kiai Mas Alwi telah berusia 35 tahun. Maka, dapat diperkirakan bahwa sang habib lahir sekitar tahun 1890-an.

Sejauh ini, belum ada data yang cukup mendes kripsikan masa kecil Kiai Mas Alwi. Yang pasti, rihlah keilmuan yang pernah dijalaninya tak begitu berbeda dari umumnya ulama Nahdliyin.

Ia belajar dari satu pesantren ke pesantren lainnya demi menuntut ilmu-ilmu agama. Kedua orang tuanya juga berperan penting dalam menumbuhkan kecintaannya terhadap agama.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement