Kamis 19 Aug 2021 21:20 WIB

Manusia Diberi Pahala Lebih, Ini Penjelasannya

Alquran menerangkan bahwa manusia akan diberi pahala lebih.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: alarabiya.net
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran menerangkan, manusia akan diberi pahala lebih dari sesuatu yang dikerjakannya. Namun, manusia akan diberi hukuman seimbang atas kejahatan yang dilakukannya.

Menurut Tafsir Kementerian Agama, manusia diuntungkan karena akan mendapatkan pahala lebih banyak dari suatu kebaikan yang dikerjakannya. Sementara, manusia akan dihukum sesuai dengan kejahatan yang dikerjakannya, artinya hukumannya tidak diperberat atau diringankan.

Baca Juga

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." (QS Al-Baqarah: 286)

Terkait ayat ini, Tafsir Kementerian Agama menerangkan, dalam mencapai tujuan hidup, manusia diberi beban oleh Allah sesuai kesanggupannya. Mereka (manusia) diberi pahala lebih dari yang telah diusahakannya, dan mendapat siksa seimbang dengan kejahatan yang telah dilakukannya.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement