Jumat 20 Aug 2021 03:07 WIB

Cara Kampus Hasilkan Produk Jurnalistik Kreatif

Industri kreatif sangat membutuhkan skill berkomunikasi yang baik.

Tampak Menparekraf Sandiaga Uno dan para peserta Indonesia Campus Presenter Hunt 2021 yang digelar Universitas Esa Unggul dan TVOne secara virtual beberapa waktu lalu.
Foto: istimewa
Tampak Menparekraf Sandiaga Uno dan para peserta Indonesia Campus Presenter Hunt 2021 yang digelar Universitas Esa Unggul dan TVOne secara virtual beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Upaya menggalang kepedulian dalam pengembangan desa wisata dikalangan anak muda merupakan terobosan positif yang harus didukung. Hal itu sejalan dengan gagasan pemerintah dalam upaya menggairahkan kembali industri pariwisata yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pemerintah akan serius mengembangkan  desa wisata. Terasuk didalamnya ekonomi kreatif. "Pemerintah akan all out mengembangkan bisnis desa wisata ini,"kata Sandiaga saat memberikan sambutan pada Indonesia Campus Presenter Hunt 2021 yang digelar Universitas Esa Unggul dan TVOne secara virtual beberapa waktu lalu.

Dalam acara grand final ini, 12 orang peserta yang terpilih diminta untuk membawakan acara yang temanya telah ditentukan pihak penyelenggara. Tema yang ditentukan ini adalah Desa Pariwisata dan UMKM Muda. Masing-masing peserta akan menyampaikan hasil reportasenya terkait kedua tema tersebut dan akan dinilai secara langsung oleh dewan juri

Menurut Sandiaga gagasan memilih tema Desa Pariwisata dan UMKM Muda merupakan terobosan baik yang dilakukan tvOne dan Universitas Esa Unggul. Terutama untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia memberikan dorongan kepada 12 orang peserta yang akan bertarung di grand final ini untuk berkolaborasi dan menjadi agen perubahan."Saya yakin, para peserta akan menjadi duta-duta dari anak muda yang kreatif,"katanya. 

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/8)  mengatakan kompetisi presenter Hunt 2021 hasil kolaborasi antara TVOne dan Universitas Esa Unggul merupakan sebuah langkah untuk mencari bibit muda yang berkualitas terutama dalam bidang komunikasi. Menurutnya komunikasi merupakan sebuah skill yang dibutuhkan di dunia kerja yang harus dimiliki generasi muda saat ini.

“Dunia kerja pada era industri 4.0 sangat dinamis industri kreatif sangat membutuhkan skill berkomunikasi. dan industri kreatif di Indonesia saat ini sedang berkembang dan menjadi salah satu indikator dalam pembangunan,” katanya.

Arief berharap acara kompetisi presenter Hunt ini kembali terselenggara setiap tahun karena banyak dari masyarakat terutama anak-anak muda sangat antusias terlihat dari jumlah video di media sosial seperti tiktok, Instagram yang sangat banyak membicarakan terkait kompetisi ini. Universitas Esa Unggul sebagai tuan rumah penyelenggaraan berhasil menempatkan dua wakilnya di ajang Grand final Indonesia Campus Presenter Hunt 2021 yakni Novan Suwandi dan Nadilla M Saleh.

Direktur Utama TVOne Ahmad Widarmana menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi prsenter untuk para mahasiwa. Kegiatan tersebut telah dimulai dengan kegiatan webinar secara umum dan melakukan kompetisi presenter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement