Kamis 19 Aug 2021 17:40 WIB

Telkom Gandeng Microsoft Percepat Transformasi Digital

Kerja sama dengan Microsoft bagian dari strategi Telkom percepat transformasi digital

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (kanan) bertukar cindera mata secara daring dengan President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee (kiri) usai penandatanganan nota kesepahaman Digital Transformation Strategic Partnership antara Telkom Indonesia & Microsoft Indonesia, Kamis (19/8).
Foto: Telkom
Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (kanan) bertukar cindera mata secara daring dengan President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee (kiri) usai penandatanganan nota kesepahaman Digital Transformation Strategic Partnership antara Telkom Indonesia & Microsoft Indonesia, Kamis (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Microsoft Indonesia mengumumkan kolaborasi untuk mempercepat transformasi digital dan mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia. 

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee yang disaksikan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo secara daring pada Kamis (19/8).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan kolaborasi akan dilakukan di sejumlah bidang, seperti pembangunan intelligent infrastructure nasional, pengembangan talenta digital, dan akselerasi transformasi digital TelkomGroup.

"Kemitraan ini akan mendukung pemberdayaan ekonomi digital Indonesia, di samping juga akan mengakselerasi transformasi operasional TelkomGroup yang layanannya mencakup seluruh area di Indonesia," ujar Kartika.

Kartika menyebut kemitraan ini penting mengingat ekonomi digital Indonesia diproyeksi tumbuh hingga delapan kali lipat pada 2030 mendatang.

Kartika mengatakan transformasi digital dapat mengoptimalkan peran teknologi dalam meningkatkan daya saing bangsa, yang mana proses pembangunan di berbagai bidang diharap akan semakin cepat berlangsung dan membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat Indonesia. 

Kartika mengatakan percepatan transformasi digital telah terjadi karena pandemi covid-19 yang mana digitalisasi memegang peranan penting, tidak hanya di kehidupan masyarakat namun juga dalam konteks industri. 

"Untuk itu, perlu keterlibatan perusahaan telekomunikasi digital seperti Telkom sebagai digital hub untuk BUMN dan korporasi dalam mendorong digitalisasi," ungkap Kartika.

Kartika berharap Telkom bisa menjadi tumpuan pemerintah dalam upaya memperluas dan memperkuat penerapan teknologi di segala lini kehidupan. Kata Kartika, Kementerian BUMN menyambut baik kolaborasi Telkom & Microsoft sebagai salah satu kemitraan strategis untuk mewujudkan program digitalisasi nasional yang sesuai dengan prioritas Kementerian BUMN terkait inovasi model bisnis yaitu refocus dan reinvent core business models menggunakan new technology, partnership, dan ecosystem building

Menurut Kartika, kemitraan strategis dengan Microsoft dapat mendukung Telkom untuk terus meningkatkan digital expertise sehingga dapat menghasilkan nilai yang optimal bagi bangsa dan negara. 

"Hal ini sejalan dengan tujuan prioritas Kementerian BUMN agar kepemimpinan Telkom di industri digital dapat terus dijaga dan ditingkatkan melalui technology leadership dan digital talents yang andal dan terbaik di bidangnya," kata Kartika.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement