Kamis 19 Aug 2021 16:07 WIB

Muhammadiyah Bangun Masjid di Uganda

Masjid akan dibangun sederhana dengan mengutamakan kenyamanan jamaah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah masjid b akan dibangun di Republik Uganda. Istimewanya, masjid tersebut dibangun Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU).

Direktur Utama Lazismu, Sabeth Abilawa mengatakan proses pembangunan masjid akan dimulai pekan depan. Masjid tersebut akan dibangun di kawasan Busiu Village, Distrik Sirongko, Uganda. 

Baca Juga

Sabeth mengatakan masjid akan dibangun sederhana dengan mengutamakan kenyamanan bagi jamaah. Masjid tersebut akan dibangun dengan kapasitas tampung 200 jamaah. Diperkirakan untuk pembangunan masjid menghabiskan dana sebesar Rp 550 juta atau 134,7 juta shilling Uganda. 

"Masjidnya sederhana saja karena untuk kenyamanan ibadah untuk muslimin disana. Awalnya sebenarnya hanya untuk memperbaiki masjid yang sebelumnya tidak layak kondisinya. Hanya butuh 155 juta, namun dengan perkembangan kondisi dan  banyaknya dukungan partisipasi masyarakat di Indonesia maka wujud dan luasan masjid kita sepakati diubah sehingga diperkirakan menghabiskan 550 juta," kata Sabeth kepada Republika,co.id pada Kamis (19/8).

 

Berdasarkan sensus penduduk Uganda pada 2014 diketahui populasi Muslim di Uganda membentuk 14 persen dari populasi pemeluk agama di negara itu. Sedangkan mayoritas masyarakat Uganda memeluk agama Kristen dengan membentuk populasi 82 persen.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement