Kamis 19 Aug 2021 14:04 WIB

United Rampungkan Renovasi Stadion Old Trafford

Stadion Old Trafford itu dikabarkan menelan biaya mencapai 20 juta pounds (Rp

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Stadion Old Trafford
Foto: ROL/Sadly Rachman
Stadion Old Trafford

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United telah merampungkan renovasi Stadion Old Trafford. Sejumlah bagian, termasuk ruang ganti pemain dan ruang media, dari stadion berkapasitas 74 ribu penonton itu telah mengalami perubahan.

Renovasi Stadion Old Trafford itu dikabarkan menelan biaya mencapai 20 juta pounds (Rp 395 miliar). Selain memperbarui ruang ganti pemain dan ruang media, manajemen United juga telah memperbarui lapisan rumput lapangan di stadion berjuluk The Theatre of Dreams tersebut. Ada juga renovasi dalam sarana serta fasilitas untuk penyandang disabilitas, yang kabarnya mencapai 11 juta poundsterling. 

Baca Juga

Dalam renovasi teranyar kandang United tersebut, manajemen United telah memperbesar ukuran ruang ganti pemain, baik untuk tim tuan rumah maupun untuk tim tandang. "Manajemen United juga memindahkan ruang ganti pemain tim tandang, yang kini berada di seberang lorong masuk pemain," tulis laporan Mirror, Kamis (19/8). 

Selain itu, manajemen MU juga telah memperbarui cat di tribun penonton dan menambahkan batas penghalang antara tempat duduk di sejumlah titik di tribun penonton. Proses renovasi ini dilakukan manajemen United selama larangan kehadiran penonton akibat pandemi Covid-19.

Langkah ini diketahui menjadi salah satu janji dari pemilik United, Joel Glazer, saat menghadiri pertemuan dengan kelompok supporter United, Juni silam. Kala itu, Glazer berjanji akan menggelontorkan investasi tambahan dalam hal infrastruktur klub, termasuk stadion dan sarana latihan. 

"Old Trafford adalah jantung Manchester United. Dalam 10 tahun terakhir, kami telah menginvestasikan 100 juta poundsterling untuk meningkatkan infrastruktur klub. Kini, kami akan mempercepat proses itu dan berencana untuk kembali menginvestasikan dana cukup besar dalam peningkatan kualitas stadion. Hal serupa juga berlaku untuk kompleks latihan," tutur Glazer seperti dikutip Mirror, Juni silam. 

Stadion Old Trafford terakhir kali direnovasi secara besar-besaran pada 2006, yaitu dengan menambah kapasitas stadion sebanyak 8.000 ribu tempat duduk. Saat ini, Stadion Old Trafford diketahui memiliki kapasitas mencapai 75 ribu penonton. Old Trafford pun menjadi stadion dengan kapasitas terbesar di pentas Liga Primer Inggris.

Sebelumnya, kritik pedas terkait kondisi Stadion Old Trafford sempat diungkapkan oleh mantan penggawa United, Garry Neville. Meski terlihat bagus di televisi, tutur Neville, sejumlah fasilitas di Old Trafford sudah usang dan tua. 

"Begitu juga dengan kompleks latihan. Mungkin markas United tidak berada di lima teratas dalam daftar kompleks latihan terbaik di negara ini," kata Neville kepada Sky Sports, tahun lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement