Kamis 19 Aug 2021 07:22 WIB

Bayern Muenchen Tebar Ancaman

Keraguan terhadap kemampuan Muenchen mempertahankan gelar Bundesliga sempat muncul.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Ekspresi pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann usai timnya menjuarai Piala Super Jerman 2021 dengan mengalahkan Borussia Dortmund 3-1.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Ekspresi pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann usai timnya menjuarai Piala Super Jerman 2021 dengan mengalahkan Borussia Dortmund 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Bayern Muenchen tak mau statusnya sebagai salah satu kandidat terkuat peraih gelar juara Bundesliga Jerman musim ini terkikis begitu saja. Kemenangan 3-1 atas musuh bebuyutannya, Borussia Dortmund, di laga Piala Super Jerman, Rabu (18/8) dini hari WIB, seolah menjadi pernyataan tegas Die Bayern kepada rival-rivalnya musim ini.

Keraguan terhadap kemampuan Die Bayern untuk mempertahankan titel Bundesliga muncul usai kegagalan memetik poin penuh di laga pembuka Bundesliga musim ini, tepatnya kala ditahan imbang Borussia Moenchengladbach, 1-1, akhir pekan lalu. Tak hanya soal raihan hasil, performa Muenchen di laga itu juga dinilai kurang menyakinkan.

Penampilan di markas Gladbach ini kian menguatkan sinyal soal krisis kecil di tubuh Muenchen. Perubahan memang tengah terjadi di tubuh Muenchen. Julian Nagelsmann ditunjuk menggantikan Hansi Flick di kursi pelatih.

Mantan pelatih RB Leipzig itu diharapkan bisa melanjutkan dominasi Muenchen di pentas sepak bola Jerman. Namun, di bawah kendali Nagelsmann, Die Bayern justru kesulitan meraih kemenangan. Hasil imbang kontra Gladbach memperpanjang rekor nirkemenangan Muenchen usai menelan tiga kekalahan dari empat laga pramusim.

Di sisi lain, salah satu pesaing Muenchen di pentas Bundesliga, Dortmund, justru sudah berada di trek yang tepat. Usai menyingkirkan Wehen Wesbaden di DFB Pokal lewat kemenangan, 3-0, Dortmund memulai kiprahnya di Bundesliga musim ini dengan kemenangan, 5-2, atas Eintracht Frankfurt, akhir pekan lalu.

Berkaca dari catatan penampilan tersebut, Die Borussen sedikit diunggulkan untuk bisa menggondol trofi Piala Super Jerman saat menghadapi Muenchen. Namun, Die Bayern kembali membuktikan kemampuannya untuk bangkit.

Torehan tiga gol, dua gol Robert Lewandowski dan satu gol dari Thomas Mueller, membawa Muenchen membungkam Dortmund yang tampil di depan pendukungnya sendiri di Stadion Signal Iduna-Park. Die Borussen hanya mampu membalas lewat sepakan terarah Marco Reus pada menit ke-64.

Muenchen merengkuh trofi pertama dengan torehan kemenangan pertama di kompetisi resmi pada musim ini. Piala Super Jerman sekaligus menjadi trofi pertama Nagelsmann buat juara Bundesliga sembilan musim terakhir tersebut.

''Saya ingin memulai untuk menimbun gelar buat klub ini. Bisa dibilang, untuk raihan trofi, saya sangat rakus dan berupaya meraih sebanyak pun trofi. Pelatih sebelum saya dan para pemain di tim ini memiliki trofi lebih banyak,'' ujar Nagelsmann seperti dikutip Sky TV, Rabu (18/8).

Sementara pemain terbaik di laga ini, Robert Lewandowski, mengakui, kemenangan di laga bertajuk Der Klassiker ini memiliki dampak besar pada kepercayaan diri Die Bayern.

Top skorer Bundesliga musim lalu dengan torehan 41 gol itu pun menyebut, raihan trofi ini menjadi langkah awal usai memetik hasil kurang memuaskan di laga-laga sebelumnya. ''Setidaknya, kami bisa menatap laga-laga berikutnya dengan lebih baik,'' kata striker asal Polandia tersebut seperti dilansir DPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement