Kamis 19 Aug 2021 00:01 WIB

Tenaga kesehatan di Kendari Mulai Divaksin Covid Dosis 3

Setiap posko yang didirikan akan melayani 150 orang per hari.

Tenaga kesehatan mempersiapkan vaksin. (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA
Tenaga kesehatan mempersiapkan vaksin. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Tenaga kesehatan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai disuntik vaksin Covid-19 dosis ketiga jenis Moderna guna meningkatkan kekebalan tubuh mereka dari infeksi virus corona dan variannya. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kendari Jeni Arni Harli T di Kendari, Rabu (18/8) mengatakan penyuntikan dosis ketiga bagi tenaga kesehatan di daerah itu mulai dilakukan dengan mendirikan tiga posko pelayanan.

"Hari ini Rabu, 18 Agustus 2021, kami sudah mulai memberikan suntikan vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan," katanya.

Baca Juga

Dinas Kesehatan setempat menarget dalam tiga hari pelayanan penyuntikan bisa mencapai 450 tenaga kesehatan per hari. Sebab setiap posko akan melayani 150 orang.

Dia menjelaskan, tenaga kesehatan yang disuntik adalah mereka yang sudah terdata, baik yang bertugas di rumah sakit umum daerah (RSUD), pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), dan tenaga kesehatan yang berada di fasilitas kesehatan lainnya. Ia juga menyampaikan, beberapa persyaratan tenaga kesehatan yang diberi suntikan vaksin dosis ketiga adalah mereka yang sudah melakukan penyuntikan dosis lengkap. Sementara bagi mereka yang pernah terinfeksi Covid-19, minimal tiga bulan setelah sembuh, baru dapat disuntik vaksin Moderna.

"Jadi bukan data, misal yang masuk 5.000, maka jumlah itu juga yang akan disuntuk, tapi kami akan memverifikasi kembali. Karena jangan sampai ada yang tidak memenuhi syarat untuk divaksin Moderna," ujarnya.

Jeni menyampaikan, pelayanan vaksinasi Moderna untuk tenaga kesehatan hanya difokuskan di Dinkes Kendari, sebab pelayanan vaksin di puskemas masih melayani vaksinasi kepada masyarakat untuk dosis pertama dan kedua. Rina, salah seorang tenaga kesehatan di RS Santa Ana, menyambut baik pelaksanaan vaksin dosis ketiga bagi profesi mereka, sebab, menurut dia, hal itu bisa menambah kepercayaan diri dalam bertugas di ketika melayani pasien Covid-19.

"Saya sudah vaksin dan tidak ada keluhan, saya harap teman-teman tenaga kesehatan yang belum vaksin, termasuk masyarakat di luar sana, mari kita vaksin, karena ini salah satu cara untuk menjaga sehatan kita, negara kita," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement